- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) –  Sebagai upaya mempertajam insting cepat dalam mengevakuasi korban saat terjadi kecelakaan di laut, Pusat Latihan Operasi Laut (Puslatopsla) Kodiklatal menyelenggarakan Latihan Search and Rescue (SAR) Organik II TW IV TA.2023.

Latihan dasar yang diikuti 121 orang peserta tersebut resmi dibuka oleh Komandan Puslatopsla Kolonel Laut (P) Rizky Prayudi, yang juga selaku Komandan Latihan bertempat di Gedung Sudomo, JOPR Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Kamis, (09/11/2023).

Sedangkan tema yang diangkat yakni “Kodiklatal Melaksanakan Latihan SAR (Search and Rescue) di Laut, di Surabaya dan Sekitarnya Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut”.

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 6 hingga 10 November 2023 tersebut, selain terdapat penyampaian teori oleh para Instruktur yaitu Mayor Laut (S) Budiman dari Seselam TNI AL, Mayor Laut (K) Joko Edi dari Pusdikkes Kodiklatal dan Letda Basarnas Johan dari Basarnas Surabaya, juga dilaksanakan praktek di Ponton Barakuda Dislambair Koarmada II atau Kolam Basin Dislambair Koarmada II.

ads

Dengan materi-materi meliputi Komunikasi SAR di Laut, Prosedur SAR, Penyelenggaraan SAR di laut, dan Kesehatan SAR di laut, Danpuslatopsla dalam amanatnya menyampaikan bahwa kemampuan prajurit TNI AL yang handal dan memadai sangat diperlukan dalam melaksanakan kedinasan sehari-hari di kedinasan TNI AL.

Hal ini tentunya menurut Danpuslatopsla, melalui proses pembinaan latihan dalam melaksanakan kegiatan SAR dan meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh prajurit pengawak organisasi TNI AL.

“Salah satu bentuk pembinaan terhadap kemampuan prajurit adalah dengan menyelenggarakan latihan, latihan SAR yang bertujuan agar para prajurit dapat memahami dalam melaksanakan kegiatan SAR dengan baik. Bilamana situasi darurat diperlukan operasi SAR dalam melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) seperti yang tercantum pada UU Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI. Hal ini merupakan tugas pokok kita sebagai TNI AL,” ujar Kolonel Rizky.

Danpusltopsla juga berharap Latihan SAR Organik II TA.2023 ini dapat dilaksanakan sesuai program yang telah direncanakan dan dilaksanakan dengan penuh keyakinan serta tanggung jawab yaitu pahami prosedur, metode maupun penggunaan peralatan.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!