- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Mengawali tahun 2024, Pelindo Sub Regional Jawa mendapat kunjungan kapal pesiar MV.Aidabella yang perdana sandar di Pelabuhan Tanjung Perak pada Selasa (30/01). Kedatangan kapal pesiar ini kembali menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata untuk Surabaya dan sekitarnya.

Kapal pesiar yang sebelumnya sandar di Pelabuhan Singapura ini menempuh waktu 18 jam untuk tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Tidak seperti biasanya kapal pesiar sandar pada pagi hari, Kapal Pesiar MV.Aidabella justru sandar pada dini hari (30/01) tepatnya pukul 00.14 wib di Teminal Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Hal ini disebabkan karena terdapat seorang penumpang yang mengalami keadaan darurat yang disebabkan oleh alergi obat dan membutuhkan pertolongan untuk segera dibawa ke rumah sakit. Tim Pelindo Sub Regional Jawa bersama tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dengan sigap melakukan evakuasi kepada penumpang tersebut dan langsung dilarikan ke rumah sakit Pelindo Husada Citra (PHC) dan penumpang berhasil diselamatkan dengan mendapatkan perawatan intensif.

Kapal pesiar berbendera Italia dengan GRT (Gross Tonnage) 69,20 Ton dan LOA (Length Over All) 251.89 meter ini membawa 2.005 penumpang dan 624 crew kapal, penumpang turun pada Selasa (30/01) pukul 08.00 wib pagi. Dhany Rachmad Agustian, General Manager Kalimas dan GSN Pelindo Sub Regional 3 Jawa mengatakan bahwa  kapal pesiar MV.Aidabella menempuh waktu kurang lebih 18 jam dari Singapura dan akan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Lembar, Lombok  Nusa Tenggara Barat pada pukul 19.00 wib malam nanti.

Dhany juga menambahkan hingga saat ini sudah terdapat 14 slot kunjungan kapal pesiar yang rencananya akan sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada tahun 2024. Pelindo Sub Regional 3 Jawa pun semakin gencar dalam mempersiapkan segala fasilitas pendukung untuk menyambut kedatangan kunjungan kapal pesiar nanti.

ads

Ali Sodikin selaku Sub Regional Head Jawa PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional 3 Jawa turut memberikan cinderamata dan menyematkan udeng khas Jawa Timur serta melakukan pengalungan bunga kepada Capt.Patrick. Ali Sodikin juga memberikan kalimat selamat datang serta memberikan penjelasan seputar wisata dan tempat-tempat iconic di kota Surabaya. Hal tersebut mendapatkan respon yang sangat baik dan antusias dari para crew kapal terutama Capt.Patrick yang terlihat sangat sumringah saat menggunakan udeng tersebut dan mengajak Ali dan Tim berkeliling untuk melihat berbagai fasilitas di dalam kapal pesiar MV.Aidabella.

Pelindo Sub Regional 3 Jawa bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya untuk mempersiapkan rangkaian penyambutan kapal pesiar dengan mempersembahkan tarian tradisional khas Jawa Timur, Reog Ponorogo yang diiringi musik khas Jawa.  Terlihat para wisatawan yang turun dari kapal sangat antusias dengan mengabadikan moment bersama para penari dan Cak & Ning Suroboyo. Bukan hanya penyambutan yang membuat para wisatawan terkesima, pameran barang-barang unik yang dijajahkan di gerai UMKM pun ikut menculik perhatian para wisatawan. Seperti salah satu gerai UMKM yang menjual kain batik berbagai warna dan corak.

Dan para wisatawan juga berlomba-lomba mencipipi aneka makanan serta minuman khas Indonesia dan terlihat memborong beragam macam souvenir lainnya. Penyedia jasa tour travel juga sudah siap untuk memberikan pelayanan dan jasa bagi wisatawan yang ingin melakukan perjalanan ke berbagai destinasi wisata di Surabaya seperti Kampung Lawas Maspati, Tugu Pahlawan, Gereja Kepanjen, Sanggar Agung di Kenpark, hingga Pasar Pabean dan Pasar Genteng. Namun ada juga yang menyukai paket wisata bernuansa heritage seperti Tunjungan, Hotel Majapahit, Joko Dolog, dan Balai Kota. Diharapkan kedepannya Pelindo Sub regional Jawa dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dan dapat mempersembahkan fasilitas, gerai UMKM dan destinasi wisata yang lebih beragam lagi agar lebih menarik wisatawan yang berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!