- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Sebanyak 51 kontingen peserta memeriahkan karnaval kelompok umum, OPD, badan usaha, Ormas, perguruan tinggi, dan SMA sederajat dalam rangka Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Purworejo, Selasa (20/8) siang. Berbagai produk, karya, hasil kinerja, hingga pesan-pesan pembangunan diusung para peserta melalui kreativitas ala pawai.

Ruas jalan seputaran kota Purworejo yang menjadi rute karnaval dipenuhi warga jauh sebelum karnaval dimulai. Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM bersama Ketua DPRD Dion Agasi Setiyabudi dan jajaran Forkopimda melepas peserta dan menyaksikan sampai usai di area panggung kehormatan, sisi selatan Alun-alun atau depan Kantor Bupati.

Karnaval kelompok umum merupakan sesi ketiga. Dua karnaval sebelumnya dikhususnya bagi kelompok TK/PAUD dan kelompok SD/MI dan SMP/MTs pada pekan lalu.

“Setelah karnaval kelompok umum ini kita masih ada Grebeg Kamardikan oleh SMA/SMK pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 14.30 WIB. Lokasinya kita pusatkan di kawasan Alun-alun Purworejo,” kata Dyah Woro Setyaningsih, Kabid Pengembangan Kapasitas dan Promosi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Purworejo selaku panitia karnaval.

ads

Berbeda dengan dua kelompok sebelumnya, karnaval umum menempuh rute lebih panjang. Mulai start dari Lapangan Garnizun, mengitari alun-alun hingga pasar Baledono dan finish di Gedung Kesenian. Karena itu, pawai didominasi kendaran bermotor.

“Tahun ini aturannya disepakati bahwa di panggung kehormatan tidak ada perform sehingga barisannya lebih tertib, meskipun masih ada yang nyolong-nyolong tetap perform ya,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa karnaval untuk 3 kelompok juga dilombakan. Seperti tahun-tahun lalu, pengumuman kejuaraan akan dilakukan bersamaan dengan Hari Olahraga Nasional.

“Masing-masing kategori kita tetapokan juara 1 sampai dengan 5,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Agus Bastian berharap, karnaval yang telah menjadi agenda rutin tahunan dapat menjadi hiburan yang mendidik bagi masyarakat. Lebih dari itu, tema SDM Unggul Indonesia Maju yang diusung pada Peringatan HUT RI tahun ini dapat memacu semangat masyarakat untuk membangun Purworejo kea rah kemajuan.

“Harapannya ya kita akan semakin maju dalam menghadapi perubahan zaman ini,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!