- iklan atas berita -

 

Metro Times Kendal – Antisipasi terjadinya banjir di wilayah Kaliwungu Kendal Jawa Tengah, PT Radik Jaya melakukan normalisasi Kali Aji yang melintas di depan Pasar Gladak Kaliwungu. PT Radik Jaya mengerahkan sebuah alat berat saat melakukan pengerukan Kali Aji yang kerap meluap saat musim penghujan.

Wahyu selaku koordinator lapangan dari PT Radik Jaya menyampaikan, normalisasi dilakukan sepanjang Kali Aji kurang lebih satu kilo meter. Dari pertigaan Pasar Gladak ke arah timur dilakukan pengerukan sepanjang 200 meter, sedangkan ke arah barat dilakukan pengerukan hingga di pertigaan Sekopek.

“Normalisasi kami lakukan mengingat sedimentasinya lumayan tinggi dan daerah sini langganan banjir,” kata Wahyu, Rabu (1/12/2021).

Saat normalisasi Kali Aji, Wahyu mengaku pengerukan tidak bisa cepat dikerjakan mengingat daerah tersebut merupakan daerah padat lalu lintas. Banyaknya kabel yang berlantungan juga menyebabkan proses pengerukan dengan alat berat sedikit terhambat.

ads

“Alat berat tidak leluasa saat melakukan pengerukan, karena harus menghindari kabel-kabel yang bergelantungan,” jelasnya.

Dia menyebutkan, proses normalisasi Kali Aji dengan menggunakan CSR Radik Jaya ditargetkan bisa selesai dalam waktu dua hari. “Kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan, apalagi buang sampahnya di sungai. Ini demi menjaga kelancaran arus sungai dan menghindari sedimentasi Kali Aji,” ungkapnya.

Dikatakan, CSR Radik Jaya tidak hanya digunakan untuk proses normalisasi Kali Aji saja. Selama ini, melalui Radik Jaya Peduli, sebuah mobil ambulans disiagakan 24 jam bagi masyarakat yang membutuhkan. Radik Jaya juga menyalurkan CRS dengan giat-giat bakyi sosial bagi-bagi sembako kepada warga kurang mampu.

Tak berhenti di sini saja, melaluli Radik Jaya Peduli juga memberikan support kepada desa binaannya dalam bidang olahraga. Seperti kepada tim sepakbola Magelung United asal Desa Magelung Kecamatan Kaliwungu Selatan.

Sementara itu, Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kendl Iwan Muhtadi mengatakan, normalisasi sungai menjelang musim penghujan demi mengantisipasi terjadinya bencana banjir dilakukan oleh para penambang. PT Radik Jaya mengkoordinir semua penambang untuk melakukan normalisasi sungai.

“Sebenarnya normalisasi tidak hanya di sini. Di bawah arteri Kaliwungu ikut Desa Sumberejo juga dilakukan normalisasi,” terang Iwan.

Progam normalisasi dengan dana CSR ini selarang dengan intruksi Bupati Kendal Dico M Ganinduto demi meminimalisir terjadinya banjir di wilayah Kaliwungu.

Iwan menegaskan bahwa dirinya sangat membutuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membuangnya ke sungai. “Sampah-sampah itu jangan dibuang sembarangan. Jangan dibuang di sungai dan di saluran-saluran air lainnya. Kami sudah menyediakan tempat pembuangan sampah. Tinggal dikumpulkan lalu dibuang kesana saja agar sampah tidak menyumbat aliran air,” katanya.(ar)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!