- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Komandan Kodim 0705/Magelang Letnan Kolonel Arm Kukuh Dwi Antono memimpin Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Kamis pagi (22/08).

Apel yang diikuti oleh lebih dari seribu orang yang terdiri dari personel TNI, Polri, Damkar, Polhut, BPBD dan relawan ini dilaksanakan di Base Camp Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Jurang Jero Srumbung, bertujuan untuk mendukung perlindungan dan pengamanan Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi, khususnya menghadapi musim kemarau yang berpotensi terjadi kebakaran hutan.

Dalam sambutannya, Dandim mengajak kepada kepada seluruh jajaran, Instansi Pemerintah, swasta, dan segenap masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan dengan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, karena sebagian besar kondisi lahan hutan di Wilayah Kabupaten Magelang terdapat semak belukar yang potensial menyebabkan kebakaran akan meluas secara cepat.

“Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tidak dilakukan sendiri-sendiri, melainkan harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, swasta dan masyarakat,” jelas Dandim Magelang.

Dandim juga menghimbau kepada seluruh unsur yang hadir, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat agar secara bersama-sama dapat bekerja lebih keras, cerdas, dan tuntas untuk dapat melakukan kegiatan pemadaman, patroli dan mensosialisasikan seruan atau larangan kepada seluruh masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan, serta upaya-upaya lain yang produktif yang dapat mengurangi dan mencegah terjadinya pembakaran hutan dan lahan. 

ads

Selesai apel kesiagaan dilanjutkan dengan simulasi penyekatan yang diperagakan oleh personel TNI, Polri, Damkar, BPBD dan relawan yang ada di seputaran lereng Merapi.

Sementara itu, Kepala Balai TNGM Ir. Pujiati, yang juga hadir dalam apel tersebut menjelaskan upaya yang dilakukan saat ini adalah mencegah terjadinya kebakaran dengan melakukan upaya penyekatan di beberapa titik.

Apel yang dihadiri oleh Kepala Balai TNGM Ir Pujiati, Waka Polres Magelang Kompol Eko Mardiyanto, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang Supranowo SH MM, Muspika Srumbung dan para Kepala Desa yang berbatasan dengan TNGM. (Arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!