- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Pengembangan mega proyek yang sedang berlangsung New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo telah memberikan peluang strategis bagi Kabupaten Purworejo. Untuk mengantisipasi dan mengambil peluang tersebut, banyak program strategis yang harus disiapkan oleh Pemkab Purworejo.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian, SE.MM, dalam sambutannya di depan delegasi pengusaha dan kalangan akademisi di perguruan tinggi swasta Australia yang tergabung daalam ACPET (Australian Council for Private Education and Trainning) melakukan kunjugan ke Kabupaten Purworejo. Dipimpin oleh Matthew Traynor (State Executive Officer ACPET) rombongan terdiri dari 12 orang diterima oleh Bupati Purwprejo, di pendopo (rumah dinas bupati) hari ini (10/10) siang.

Pembangunan yang masif, tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni. Karena itulah, ACPET akan bermitra dengan lembaga-lembaga terkait untuk meningkatkan kemampuan SDM.

“Pengembangan sumber daya manusia adalah salah satu sektor utama yang kami fokuskan melalui pendidikan kejuruan. Pada dasarnya ini meneliti pengetahuan terapan untuk memecahkan masalah dengan cara yang praktis, sistematis, dan dapat dipertanggungjawabkan. Di masa depan, kami bermaksud untuk menghasilkan lulusan siap kerja untuk memenuhi sistem link-and-match dalam domain industri,” lanjut Agus Bastian.

ads

Dalam acara ini hadir pula para pejabat daerah yang tergabung dalam Forkominda dan 43 kepala SMK di Purworejo.

“Tujuan delegasi tersebut adalah menjajaki SDM khusunya bidang vokasi yang siap menghasilkan tenaga kerja yang terampil,” kata Kabid Humas Kabupaten Purworejo, Agus Ari Setiyadi kepada metrotimes.

Penjajakan tersebut bisa dalam bentuk kurikulum non formal dan pelatihan-pelatihan sehingga dapat menghasilkan tenaga kerja yang bisa setara dengan Ausitralia.

“Jika SDM kita sudah setara dengan Australia, maka bekerja di mana saja akan lebih mudah. Terlebih jika NYIA nanti beroperasi, pasti akan banyak membutuhkan tenaga kerja yang bagus,” jelas Agus.

Kunjungan pertana ini, akan egera ditindaklanjuti dengan kunjungan delegasi Pemkab Purworejo ke Australi yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 23 Oktober mendatang. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!