- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Bakal Calon (Balon) Walikota Magelang 2020, Endro Yuwono, menggelar Dialog Interaktif bersama para Pelaku UMKM se Kota Magelang di Skylight Kota Magelang, Sabtu (27/6) malam. Kegiatan ini mengambil tema “Menjawab Permasalahan UMKM di Pandemi Covid-19 dan Cara Menghadapi Tantangan, Menemukan Ide Bisnis, Mencari modal dan Menghasilkan”.

Balon Walikota Endro Yuwono mengatakan, kegiatan ini bertujuan mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM di Kota Magelang. Kegiatan ini juga untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan kepada para pelaku UMKM se Kota Magelang di tengah pandemi covid-19 ini.

“Ide bisnis boleh, terpenting harus di plaining dengan benar agar pelaksanaannya benar-benar membuahkan hasil,” kata Endro.

Dalam sesi tanya jawab antara Endro dengan para pelaku UMKM, kebanyakan para pelaku UMKM mengeluh karena modal habis dikarenakan tidak berjualan akibat wabah pandemi covid-19. Maka dari itu, Endro mengajak kepada para pelaku UMKM untuk terus berkoordinasi maupun berkomunikasi, agar permasalahan-permasalahan bisa dicari solusinya.

ads

“Buatlah kelompok kemudian buat jaringan. Setelah itu, buat proposal ke Pemerintah di BUMN, CSR dan nanti akan Saya dampingi. Kalau belum jelas, rumah saya selalu terbuka, silahkan ke rumah kita diskusi bareng-bareng,” imbuhnya.

Jelas Endro, ia berharap masyarakat Kota Magelang dapat memanfaatkan produk-produk lokal Kota Magelang. Dari mulai makanan khas Kota Magelang seperti getuk, wajik, bandeng ataupun bisnis jasa seperti tambal ban ataupun yang lain. Dengan seperti itu, perekonomian dan kemandirian warga juga semakin meningkat

“Seperti ini adalah ekonomi kerakyatan. Apalagi di tengah era deglobalisasi akibat covid-19, Kota Magelang memiliki kesempatan besar karena memiliki sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk kemandirian rakyat melalui ekonomi kerakyatan. Kuncinya, adalah mencari jaringan. Saya yakin, akan luar biasa kalau deglobalisasi benar-benar dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM di Kota Magelang,” jelasnya. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!