- iklan atas berita -

Metro Times ( Wonosobo )- Rencana pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih dalam pilkada kabupaten wonosobo 2020, belum ada kepastian. Prediksi awal, pelantikan akan dilakukan pada tanggal 17 februari 2021. Namun hingga saat ini belum ada informasi lanjutan.

“  belum ada informasi soal waktu pelantikan bupati, “ uncap Ketua DPRD Wonosobo, Eko Prasetyo HW kemarin di kantornya.

Menurutnya, berbagai informasi  yang diterima masih simpang siur, ada yang menyebutkan tanggal 17 februari 2021, ada pula wacana bulan depan atau menunggu kasus sengketa pilkada kabupaten lain. Padahal soal sengketa pilkada  menjadi wewenang Mahkamah konstitusi  RI.

“ kalau mundur mundur terus maka ada konsekuensinya, harus ada Plt atau Plh, karena bupati yang menjabat saat ini akan mengakhiri masa jabatannya pada tanggal 17 februari,” ucapnya.

Merujuknya pada surat edaran kementerian dalam negeri, bahwa ada wacana pemerintah daerah bisa menunjuk plh untuk mengisi kekosongan hingga pelantikan dilakukan. Sehingga Dengan dasar itu ada  kabupaten yang gelar pilkada serentak, ada yang sudah menunjuk sekda sebagai pelaksana harian.

ads

“ kalau kita masih menunggu dan melihat perkembangan nanti seperti apa, sebab kebijakan bisa berubah, bisa lebih cepat atau sebaliknya,” katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Wonosobo, Asmak Khozin, usai gelar penetapan calon bupati dan wakil bupati dalam pilkada 2020 beberapa waktu lalu, menyebutkan bahwa pihaknya tidak mengetahui rencana pelantikan, sebab soal teknis pelantikan atau perpanjangan masa jabatan menjadi kewenangan Kemendagri.

“ kita sudah sampai pada penetapan terhadap paslon terpilih, sedangkan pada proses pelantikan menjadi kewenangan kemendagri,” katanya .

Sementara itu, Bupati Wonosobo Terpilih, Afif Nurhidayat mengatakan bahwa hingga saat ini dirinya belum menerima informasi soal proses,  waktu dan tempat pelantikan. Namun dirinya mengaku sudah mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu ada informasi soal waktu acara tersebut.

“ saya belum tahu, belum ada informasi, apakah akan dilantik secara virtual atau tidak, waktu dan tempatnya kapan dan dimana, ya belum tahu, ya kita tunggu saja, sebagai persiapan kalau baju sih sudah saya jahit, tinggal pakai,” ujarnya. (Arr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!