- iklan atas berita -
Metro Times (Semarang) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Regular 81 Posko 5 UIN Walisongo Semarang bersama dengan Puskesmas Desa Kandangan menggelar sosialisasi mengenai pola asuh anak, Rabu (25/10). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan ketrampilan orang tua dalam menerapkan pola asuh yang sehat, positif dan mendukung pertumbuhan serta perkembangan anak secara optimal.
Orang tua memiliki peranan yang penting dalam membentuk kepribadian, sikap, nilai-nilai dan perilaku anak-anak mereka. Pendidikan dan pembentukan karakter ini juga dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, sehingga perlu adanya upaya untuk memastikan pola asuh dari orang tua agar kebutuhan dan perkembangan anak dapat terakomodasi dengan baik.
Materi yang disampaikan meliputi berbagai aspek, seperti; gaya pola asuh, dampak dari pola asuh, dan tahapan perkembangan anak. Peserta sosialisasi ini berasal dari Ibu- ibu kader posyandu dan Bapak-bapak perangkat desa. Mereka merasa sosialisasi ini penting bagi mereka karena dapat meningkatkan pemahaman mereka.
Salah satu kader dari Dusun Jrukung, Rahmawati Ningrum mengaku senang dengan adanya kegiatan yang digelar tim KKN UIN Walisongo bersama Puskesmas Kandangan. “Kegiatan ini bisa menambah pengetahuan kami. Materinya juga menarik,” akunya
Hasil dari program tersebut dinilai sangat positif karena peserta mengalami peningkatan dalam hal pengetahuan dan ketrampilan mengenai pola asuh. Hal serupa juga diungkapkan oleh Sri Wahyuni dari Dusun Balekambang. “saya rasa materi ini penting bagi kami selaku orang tua apalagi yang hadir bukan hanya ibu-ibu tapi ada bapak-bapak juga ya, jadi kami semua bisa menambah ilmu”, ujarnya.
Menurut pandangan Sri, inisiatif program ini membuktikan bahwa kolaborasi antara KKN UIN Walisongo Semarang dan Puskesmas Desa Kandangan dapat menciptakan dampak yang apik dan positif dalam meningkatkan pembentukan karakter anak-anak di Indonesia, khususnya di Desa Kandangan.”Dengan terus mengembangkan program semacam ini, kita dapat membangun generasi muda yang siap menghadapi tantangan masa depan,” tegasnya penuh optimis. (Tim KKN Reguler 81 Posko 5 UIN Walisongo/af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!