- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Magelang) Berawal sering bertemu disaat minum kopi di warung makan, terus saling ngobrol dan ngobrol, maka disaat itulah terjadi suatu obrolan yang sangat serius. Tidak disangka  berawal dari minum kopi itu terjadi persamaan pemikiran, dimana pemikiran itu juga satu visi dan misi. Tajudin, Agus AS (Bonjet) dan Arif, melatar belakangi ide-ide yang sangat bagus ditambah lagi motivasi oleh seorang sahabat yang tidak mau disebutkan namanya. Dan juga yang merupakan satu kebetulan ya memang kebetulan, dimana Tajudin yang notabene merupakan ketua dari LSM KPK Tipikor Kabupaten Magelang, Agus (Bonjet) adalah Ketua dari LSM Trisula Kabupaten Temanggung dan Arif yang kebetulan juga bekerja di sebuah media online nasional, mereka mempunyai ide, dimana ide itu dirasa adalah ide yang bagus, karena idenya adalah turut membantu Pemerintah dalam pengawasan program-program pemerintah.

Maka, pada Rabu (28/2/2018) bertempat di Rumah Makan Kebun Semilir, Jalan Jeruk Raya Sanden Kota Magelang pukul 10.00 wib, didirikanlah Presidium Lembaga Kemasyarakatan  (Civil Soviety) yang di dukung oleh Media Online Nasional (Metro Times) dan Lembaga Hukum (IKADIN MRK & Partners), dimana Lembaga ini berkedudukan di Magelang untuk waktu yang tidak terbatas dan dapat membentuk afiliasi di seluruh daerah di Indonesia. Organisasi ini adalah organisasi yang tunduk kepada Hukum yang berlaku di Indonesia dan berasaskan Pancasila dan Dasar-dasar pemikiran Presidium Lembaga Kemasyarakatan (civil society) sebagai suatu organisasi masyarakat.

Karena berawal dari persamaan rasa dan jiwa memiliki atau patriotik pada saat ingin ikut serta dalam rangka mensukseskan program pemerintah, dan juga dalam rangka membantu Negara Republik Indonesia menuju rakyat yang adil dan makmur sekaligus sebagai kontrol sosial masyarakat, sukarela dengan kemauan keras tidak ada unsur paksaan bagi keanggotaan dalam naungan organisasi ini dan independent. Lembaga Presidium ini juga tidak kalah penting karena Lembaga Presidium ini juga terdiri dari beberapa lembaga kemasyarakatan yang berbadan hukum yang SAH berdasarkan Undang Undang Negara Republik Indonesia.

ads

Acara deklarasi Presidium ini juga turut dihadiri oleh Forkomimda Kota Magelang, Forkomimda Kabupaten Magelang, Forkomimda Kabupaten Temanggung, Kesbangpol Kota / Kabupaten Magelang dan Temanggung, perwakilan TNI (Kodim 0705/Magelang, Kodim 0706/Temanggung dan Armed 11), Notaris dan beberapa tamu undangan.

Tajudin yang sekaligus ketua Presidium dalam sambutannya menyampaikan, lembaga ini adalah lembaga yang bekerjasama dengan semua pihak secara proporsional dan profesional dalam rangka mendukung Pemerintah untuk memcapai Negara yang berwibawa, bermartabat serta berkarakter sesuai dengan amanat Pendiri atau Pejuang berdirinya Negara Republik Indonesia.

“Saya bersama Presidium ini mengajak semua elemen untuk memutus mata rantai virus korupsi dan menjadikan diri kita masing-masing menjadi bagian dari element Bangsa berperan sebagai control masyarakat (mengawasi ke dalam dan ke luar)” terang Tajudin.

Acara Deklarasi Presidium ini juga diresmikan dengan penandatanganan oleh masing-masing Lembaga, yaitu untuk KPK Tipikor diwakili oleh Tajudin, Barisan Trisula Nusantara diwakili oleh Agus Budi Santoso, Metro Times Cabang Magelang diwakili oleh M Arif Saefudin dan IKADIN mrk & partners yang berkantor di Semarang diwakili oleh M Rozaq Kurniawan SH. Penandatanganan Deklarasi ini juga telah disaksikan oleh para tamu undangan dan Notaris, dan setelah penandatanganan dilanjutkan pemotongan tumpeng yang diwakili oleh perwakilan dari Polres Magelang Kota.

Presidium Lembaga Kemasyarakatan (civil society) adalah sebagai kontrol sosial masyarakat dan melakukan pengawasan pencegahan tindak pidana korupsi, yang secara profesional, intensif dan berkesinambungan. Dan Lembaga ini juga adalah lembaga masyarakat yang bersifat Independent yang dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya bebas dari kekuasaan manapun serta kepastian hukum keterbukaan akuntabilitas, kepentingan umum dan proporsional serta bertanggungjawab kepada Publik. (arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!