- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Pemerintah Desa Bandungrejo Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo menerima bantuan seperangkat alat pengolahan sampah dari Kementerian Ristek Dikti melalui usulan Komisi X DPR RI. Adanya alat berteknologi tepat guna tersebut diharapkan dapat memberdayakan masyarakat dalam mengelola sampah, baik organik maupun anorganik, yang selama ini menjadi masalah.

Penyerahan alat dilakukan oleh Anggota Komisi X DPR RI, Ir Bambang Sutrisno, di Balai Desa Bandungrejo, Senin (26/8). Dalam kesempatan itu juga dilakukan sosialisasi pengelolaan sampah terpadu menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Dr H Nasirudin S U, Kepala Biro LP2M Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) dan Dosen Prodi Energi Terbarukan ITY selaku Ketua Tim Pengusul Program PPTTG Kemenristek Dikti untuk Desa Bandungrejo, Rosiana Indrawati ST MEng.

Bambang Sutrisno menyebut, alat yang diserahkan merupakan salah satu usulannya sebagai solusi bagi warga di Kabupaten Purworejo dalam mengatasi masalah sampah. Lebih dari itu, pola pengelolaan sampah terpadu yang dilakukan warga Desa Bandungrejo diharapkan nantinya dapat menjadi percontohan bagi warga di desa lain.

“Sebagai seorang arsitek, saya melihat sampah ini memang menjadi masalah utama dalam pembangunan rumah. Di beberapa daerah, seperti Jakarta, sampah bahkan bisa jadi musibah karena tempat pembuangan sampah akhir yang overload,” sebutnya.

ads

Menurut Bambang, pengelolaan sampah yang baik akan berdampak positif pada banyak hal. Selain lingkungan hidup yang bersih dan sehat, ekonomi warga juga dapat meningkat.

“Kita mulailah dari sampah rumah tangga, dari memilah-milah. Kalau dilakukan dengan serius, maka akan bisa menjadi sumber pendapatan tambahan,” ungkapnya.

Rosiana Indrawati menjelaskan bahwa bantuan alat produksi ITY yang diberikan antara lain meliputi satu unit mesin pencacah sampah organik, 1 unit mesin pencacah sampah organik, pengayak, tempat sampah pemilah, dan 20 unit komposer. Sebagai uji coba, rencananya alat akan dikelola oleh 20 KK atau kelompok warga.

“Dengan alat ini sampah organik akan diolah menjadi kompos dan yang organik akan diolah menjadi biji-biji plastik yang bernilai ekonomi,” jelasnya.

Sementara itu, Kades Bandungrejo, Maman, menyebut ada sekitar 800 KK di wilayahnya. Adanya bantuan alat sangat bermanfaat mengingat selama ini banyak sampah rumah tangga dan pasar desa yang belum termanfaatkan dengan baik. Ke depan, alat akan ditempatkan di salah satu ruangan pasar desa dan dikekola oleh Bumdes.

“Selama ini Bank Sampah juga belum ada, tadinya sampah hanya dikumpulkan di pinggir jalan pasar desa dan ada yang orang mengambili,” sebutnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!