- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Desa Krandegan Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo terpilih menjadi Juara 1 Kampung Siaga Candi kategori Bidang Inovasi dan Kreativitas tingkat Polda Jawa Tengah. Trofi penghargaan diterima oleh Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito SIK SH MSi di Semarang pada 1 September 2020 lalu. Selanjutnya secara simbolis trofi diserahkan kembali oleh Kapolres kepada Kepala Desa (Kades) Krandegan Dwinanto SE dalam Apel Gelar Sarana Prasarana Operasi Mantap Praja Candi 2020 di halaman Polres Purworejo, Selasa (8/9) pagi.

Kapolres mengungkapkan bahwa Kampung Siaga Candi dibentuk untuk menyiapkan masyarakat agar memiliki kemampuan dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19.

“Seiring dengan pemerintah juga di Jawa Tengah ini ada Jogo Tonggo dan di Polda ada Kampung Siaga Candi. Kampung siaga yang ada di Purworejo ini setelah dinilai se-Jawa Tengah ternyata memiliki inovasi dan kreativitas terbaik,” sebutnya.

Diterangkan, hingga saat ini di Kabupaten Purworejo ada sekitar 288 kampung siaga yang tersebar di 16 kecamatan. Kapolres berharap, prestasi yang diraih Desa Krandegan dapat memacu desa-desa lain untuk meningkatkan inovasi dan kreativitasnya sehingga optimal dalam mengatasi dampak Covid-19.

“Purworejo sebetulnya potensinya banyak. Beberapa tempat sudah kita resmikan secara langsung dan potensinya luar biasa, masyarakatnya inovatif dan kreatif,” terangnya.

ads

Sementara itu, Dwinanto saat dikonfirmasi mengaku bersyukur dan bangga atas penghargaan dari Polda Jateng. Prestasi kali ini menambah motivasi Pemdes bersama masyarakat untuk terus bersinergi meluncurkan inovasi dan kreativitas lain.

“Insya-Allah yang sedang kami gagas saat ini adalah pelayanan publik berbasis android,” sebutnya.

Menurutnya, keberadaan Kampung Siaga mendapat respons baik dari masyarakat. Misalnya, dalam program telu nulung siji, pada panen ini Pemdes mendapat gabah sekitar 4 ton dari warga yang untuk mencukupi kebutuhan dapur umum sampai panen berikutnya.

“lainnya, yang masih menjadi target kita adalah menjadi Desa Digital dan memiliki Bumdes yang maju dan produktif. Ini sedang berproses,” ungkapnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!