- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Sebanyak 17 nama muncul sebagai kandidat calon ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Purworejo dalam Rapat Kerja Cabang (Rakercab) yang digelar di Hotel Ganesha Purworejo, Selasa (25/6).

Wakil Sekretaris DPC PDI P Purworejo yang juga Ketua Tim Perekrutan Calon Ketua DPC, Agustinus Eko Purwantoro mengungkapkan, Rakercab digelar sebagai rangkaian proses konsolidasi partai, sesuai hasil Rakernas di Jakarta 19 Juni lalu. Salah satu putusan dalam Rakernas yakni percepatan Kongres PDIP, yang semula akan digelar 2020 dipercepat rencananya pada 8 Agustus 2019.

“Salah satu persyaratannya (percepatan Kongres) adalah sudah terbentuknya kepengurusan atau ketua DPC, ketua DPD, maupun ketua umum DPP PDIP. Sehingga diselenggarakan Rakercab ini,” ungkapnya.

Meski demikian, lanjutnya, agenda Rakercab ini bukan pemilihan ketua DPC. Sesuai aturan partai nomor 28 tahun 2019, Rakercab merupakan proses konsolidasi dengan salah satu agenda penyampaian usulan nama-nama calon ketua DPC PDIP periode 2019-2024. Rakercab diikuti seluruh jajaran pengurus DPC, para ketua sekretaris bendahara (KSB) PAC se-Kabupaten Purworejo, dan anggota DPRD Purworejo Fraksi PDIP.

Eko menyebut, dalam Rakercab ada 17 nama calon ketua DPC yang muncul, berdasarkan rapat kerja cabang.

ads

“Pimpinan Anak Cabang (PAC) di setiap kecamatan sudah melakukan proses rapat kerja anak cabang untuk penyampaian pengusulan nama-nama ketua DPC Kabupaten Purworejo. Ada muncul 17 nama,” sebutnya.

Semua 17 nama yang disampaikan kepada DPC tersebut, selanjutnya akan disampaikan ke DPP melalui DPD sesuai peraturan partai. Proses selanjutnya, penentuan ketua DPC akan ditentukan oleh DPP.

“Ketua terpilih akan didasari kinerja, prestasi, dan masa jabatan di DPC masing-masing. Itu dilakukan secara objektif tidak berdasar like and dislike, penentuan oleh DPP partai. Ada pasal yang mengatur di PP (peraturan partai) nomor 28 tahun 2019,” jelasnya.

Anggota DPRD Jawa Tengah dari PDIP asal Dapil Jateng IX, Peni Diyah Perwitosari, yang hadir dalam Rakercab menyampaikan apresiasi. Menurutnya, banyaknya nama calon ketua yang muncul hingga 17 nama menunjukkan proses demokrasi yang luar biasa. Seluruh 16 PAC mempunyai hak mengusulkan dan semua diakomodir.

“Ini bukan pemilihan tapi usulan, nanti putusan oleh DPP partai, karena kita menuju partai modern, kita menghidari, sudah gak zaman lagi setiap pemilihan kita bergejolak, sekarang sudah tidak,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!