- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Tari India yang ditampilkan oleh siswa kelas IIV B SMP Negeri 8 Purworejo mendapat sambutan meriah dari sejumlah guru dan para orang tua pada acara Expo Kuliner Siswa SMPN 8 di lapangan sekolah setempat, Rabu (18/12) pagi. Semarak Expo makin memotivasi siswa untuk menjadi generasi yang produktif dan tidak konsumtif.

Kepala SMPN 8 Purworejo, Kusnaeni MPd, menyebut bahwa Expo kuliner merupakan agenda sekolah untuk mengisi akhir semester. Seluruh orang tua/wali siswa hadir sekaligus untuk menerima rapor.

“Untuk expo sendiri rutin kita adakan setiap tahun, tetapi tahun ini berbeda, ada kerjasama dengan para orang tua,” kata Kusaeni usai acara.

Dijelaskan Kusnaeni, expo menjadi bagian upaya sekolah untuk mengajak siswa menjadi generasi yang tidak konsumtif. Sebaliknya, menjadi generasi produktif melalui gerakan wirausaha, seperti kuliner.

ads

“Nah itu yang akan menjadi penggangan mereka kelak selesai nanti,” jelasnya

Expo kali ini mendapat apresiasi khusus dari Ketua Komite Sekolah, Muh Wuryanto, yang hadir dan langaung meninjau puluhan stand siswa. Menurutnya, kegiatan seperti ini penting untuk melatih jiwa kewirausahaan siswa. Lebih dari itu, menguatkan jalinan kerja sama dan komunikasi antara siswa dan orang tua.

“Anak – anak mendapat pelajaran atau ilmu tidak hanya di rumah, tetapi juga di sekolah, orang tua harus bisa memberikan pentunjuk yang baik kepada anak-anaknya” ungkap Muh Wuryanto.

Sausan Hasna Azizah, salah satu siswi kelas IX F yang menggelar stand bernama Kedai Move on, mengaku senang mendapat kesempatan untuk menampilkan kreativitasnya. Melalui expo, ia juga dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam mata pelajaran muatan lokal.

“Expo ini kan untuk mendidik kita menjadi siswi yang rajin berwirausaha dan harus pandai memenejemen keuangan,” ujarnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!