- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purworejo mendorong para kader kesehatan di seluruh UPT Puskesmas dan rumah sakit se-Kabupaten Purworejo untuk meningkatkan daya inovasi dan kreativitasnya dalam melakukan penyuluhan kesehatan.

Dorongan itu antara lain diwujudkan melalui Lomba Inovasi Penyuluhan Kesehatan di aula pertemuan RSUD Tjitrowardojo Purworejo, Kamis (25/10). Kegiatan tersebut sekaligus menjadi rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 Tingkat Kabupaten Purworejo.

Lomba diikuti sekitar 150 kader kesehatan dari 27 UPT Puskesmas dan sejumlah rumah sakit di Kabupaten Purworejo. Masing-masing perserta dapat tampil secara perorangan maupun kelompok dengan kreativitas pertunjukan yang sesuai dengan tema HKN “Ayo Hidup Sehat Dimulai Dari Kita” atau tema kesehatan nasional Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat.

Pertunjukan yang ditampilkan, seperti drama, tarian, atau komedi, dapat dilengkapi dengan kreativitas kostum unik atau pakaian adat.

ads

Kepala UPT Puskesmas Semawung Daleman selaku Ketua HKN, dr Sutrisno, menyebutkan bahwa lomba kali ini menuntut para kader untuk inovatif dan kreatif dalam menyampaikan pesan-pesan kesehatan. Hal itu diharapkan dapat menumbuhkan motivasi dan dapat mengimplementasikan saat terjun di masyarakat.

“Dengan diadakannya lomba dan penyuluhan ini, kader sebagai ujung tombak diharapkan lebih terampil dan mampu terjun ke masyarakat untuk menyosialisasikan dan mengajak masyarakat hidup sehat,” katanya.

Menurut Sutrisno, selama ini para kader secara rutin telah mendapatkan pembinaan, baik oleh UPT Puskesmas masing-masing maupun Dinkes secara langsung. Mereka terus digerakkan ke seluruh kalangan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pola hidup.

“Kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pola hidup sehat ini memang masih cukup rendah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sutrisno mengungkapkan, lomba inovasi penyuluhan kesehatan bukanlah satu-satunya kegiatan dalam rangka menyemarakkan HKN tahun ini . Ada sejumlah kegitan lain, seperti bakti sosial di Lapas Anak Kutoarjo dan masyarakat Desa Donorejo Kecamatan Kaligesing, serta Donor Darah.

“Besok masih ada lomba futsal dan nanti puncaknya senam sehat tanggal 4 November 2018 di Alun-alun Puirworejo,” sebutnya. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!