- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan puluhan pohon tumbang di belasan wilayah yang tersebar di Kabupaten Purworejo, Sabtu (21/1) pagi. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Namun, sejumlah rumah tertimpa batang pohon dan mengalami kerusakan cukup parah.

Informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo menyebutkan, terdapat 11 titik yang mengalami bencana pohon tumbang. Sedikitnya 6 rumah warga rusak dan sejumlah akses jalan sempat tertutup.

“Titik yang terparah Kecamatan Purwodadi dan Kaligesing. Di Kecamatan Purwodadi terdapat 4 titik. Pohon sengon dan pohon jati berukuran besar roboh, sehingga menimpa rumah dan kandang hewan milik warga,” kata Anggoro, Kasi Kontruksi BPBD Kabupaten Purworejo.

Diungkapkan, sejumlah laporan yang masuk dari warga telah ditindaklanjuti dengan menerjunkan tim ke sejumlah lokasi. Penanganan dilakukan bersama warga untuk membersihkan dan menyingkirkan material reruntuhan pohon.

ads

Menurut Anggoro, selama bulan Januari ini curah hujan sangat tinggi. Informasi tersebut telah diterima dari BMG dan ditindaklanjuti dengan langkah antisipasi.

“Dalam beberapa hari ke depan hujan masih terus mengguyur wilayah Purworejo. BPBD menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Anggoro menyebutkan, bencana pohon tumbang salah satunya dialami Atmo Diyono (67), warga RT 02 RW 02 Desa Keponggok Kecamatan Purwodadi. Rumahnya porak-poranda akibat tertimpa pohon sengon dengan ukuran raksasa. Tidak hanya itu, kandang ternak kambing dan sapi juga turut terdampak. Kerugian material diperkirakan sekitar Rp 5 juta.

Korban lainnya yakni Sutardi Sutardi (35 ), warga RT 01 RW 03 Desa Banjarsari. Pohon Jati di sebelah rumahnya tumbang menimpa dapur dan kandang sapi miliknya. Kerugian material ditaksir juga mencapai sekitar Rp 5 Juta.

Di Desa Nampurejo, pohon Kelapa ambruk menimpa rumah Hartowiyongo, (74) warga RW 01 RW 01. Kerugian material diperkirakan mencapai Rp 8 juta.

Sementara itu, pohon jati berukuran raksasa tumbang dan menutup akses jalan utama Purwodadi-Jatimalang, Tepatnya di Desa Purwodadi, RT 01 RW 02 Kecamatan Purwodadi.

“Tidak ada korban jiwa. Di Purwodadi hanya kabel listrik yang terputus akibat tertimpa pohon,” sebutnya. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!