- iklan atas berita -

Metro Times (Bali) – Guna menjaga ekosistem biota laut sekaligus mencegah kepunahan penyu laut, Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Dedy Yulianto didampingi Ketua Pengurus Gabungan (PG) Jalasenastri Kodiklatal Ny. Anti Dedy Yulianto melepas ratusan Tukik (anak penyu) di pesisir pantai Kuta Bali.

Adapun kegiatan pelepasan tukik tersebut dalam rangkaian kegiatan Lattek Layar Gabungan Siswa Kodiklatal Wira Jala Yudha IX/2019. Tampak hadir pada acara tersebut Para Direktur Kodiklatal, Dankodikopsla, pejabat utama Kodiklatal, Dirlat dan Dansatgas Satgas Wira Jala Yudha IX/2019 serta Komandan Lanal Denpasar Bali.

Lattek Wira Jala Yudha IX di ikuti 1.296 siswa dari Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla), Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) dan Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) yang tengah menempuh pendidikan di Kodiklatal.

Dalam pelaksanaan Lattek yang dimulai tanggal 23 April hingga 28 April 2019 ini melibatkan dua unsur KRI Koarmada II Surabaya yaitu KRI Teluk Banten-516 dan KRI Teluk Ende-517. Ke dua KRI tersebut merupakan jenis kapal Amfibi yang berada di bawah Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada II. Sedangkan Route yang dilalui antara lain Surabaya-Banongan-Benoa-Surabaya.

ads

Tujuan dari pelaksanaan Lattek Wira Jala Yudha ini adalah memberikan pengetahuan kepada siswa tentang tugas-tugas di kapal antara lain dinas jaga laut pada saat kapal berlayar, jaga anjungan, jaga komunikasi, jaga masak, jaga mesin, jaga pantri dan jaga pengawas atau caraka.

Selain itu, Lattek ini bertujuan untuk pengenalan berbagai peran di kapal diantaranya peran operatif, peran administratif dan peran darurat lannya. Tujuan lainnya adalah memberikan pengetahu tentang peraturan Dinas Dalam (PDD) KRI meliputi penaikan bendera, apel pagi, apel siang, apel divisi jaga, parade anjungan, ronda malam dan ronda rakit.

Kegitatan yang telah dilaksanakan antara lain pendaratan amfibi oleh siswa kejuruan marinir di pantai Tanjung Jangkar Banongan dilanjutkan Lattek Layar ke Benoa Bali. Sesampai di Bali dilanjutkan kunjungan ke pejabat setempat, donor darah, promosi ke sekolah-sekolah, olah raga bersama dan malam prajurit.(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!