- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Ribuan warga berjubel menyaksikan karnaval umum dan instansi dalam rangka peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI yang digelar Pemkab Purworejo, Jumat (24/8) siang. Mereka tampak antusias untuk melihat lebih dekat hasil karya dan kinerja dari 40 peserta karnavaL.

Ruas jalan sepanjang lebih kurang 2,2 kilometer yang menjadi rute karnaval di seputar kota Purworejo penuh sesak jauh sebelum karnaval dimulai.  Bupati Agus Bastian SE MM dan Wakil Bupati Yuli Hastuti SH beserta jajaran dan Ketua DPRD Luhur Pambudi menyaksikan langsung di tenda kehormatan di sisi selatan Alun-alun atau di depan Kantor Bupati.

Kelompok peserta dari instansi-instansi berada di urutan awal diikuti kemudian dengan kelompo-kelompok umum atau masyarakat. Masing-masing instansi menonjolkan apa yang menjadi kinerja mereka selama ini.

Salah satu yang menyedot perhatian penonton yakni atraksi Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) yang berada di barisan terdepan. Regu Damkar dengan 2 armadanya bersama personel Satpol PP yang juga dengan 2 armada, menyuguhkan aksi simulasi pemadaman yang cukup heroik dengan peralatan lengkapnya saat melintasi depan tenda kehormatan.

Ada pula PDAM Tirta Perwitasari yang menampilkan maket pengolahan air bersih untuk menyongsong bandara NYIA, serta Dinsos yang menampilkan pekerja sosial masyarakat dan tagana.

ads

“Rutenya 2,2 Km. Kalau karnaval tingkat SD/MI dan SMP/MTs Kemarin rutenya 1,8 Km, ini kami tambah memutar tiga per empat Alun-alun, supaya masyarakat bisa lebih leluasa melihat di sini (di alun-alun),” kata Agung Wibowo, Seksi Karnaval Panitia Peringatan HUT Kemerdekaan RI Pemkab Purworejo yang juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Purworejo.

Peserta umum atau masyarakat juga tak kalah menampilkan kreasi, kreativitas, serta inovasinya dalam karnaval dengan tema Energi dan Kerja ini. Menurut Agung, digelarnya karnaval menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk menonjolkan karya dan kinerjanya, baik dari seni budaya maupun hal-hal lainnya.

“Juga bisa mengangkat potensi yang ada di wilayah masing-masing. Kinerja bisa dalam arti luas, secara keseluruhan, apa potensi di wilayahnya bisa ditonjolkan, apa yang menjadi prestasi di daerahnya bisa ditonjolkan pada kesempatan ini,” jelasnya.

Digelarnya karnaval juga diharapkan mampu memompa semangat masyarakat dan semua dinas instansi untuk terus bekerja sesuai dengan tema HUT ke-73 Kemerdekaan RI yakni “Kerja Kita Prestasi Bangsa”.

“Kita menujukkan prestasi segala sesuatu gak perlu dengan neko-neko, cukup bekerja sesuai dengan bidang masing-masing. Kita bisa berprestasi pada bidang masing-masing,” ungkapnya. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!