- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) gelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang kesadaran hak dan kewajiban warga negara sejak dini di kalangan pelajar SMA/SMK/MA di sekitar Kabupaten Magelang dan Temanggung sejak bulan April-Juli 2021.

Dekan Fakultas Hukum UNIMMA, Dyah Adriantini Sintha Dewi mengatakan,

“Kegiatan ini bertujuan agar kesadaran hak dan kewajiban warga negara tertanam dengan baik kepada para pelajar sejak dini. Apabila hal tersebut sudah ditanamkan sejak dini maka pada waktu akan datang saat sudah dewasa sudah memiliki kesadaran diri atas hak dan kewajibannya sebagai warga negara,” kata Dyah, Minggu (18/7) pagi.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan kepada sekitar 12 sekolah yang tersebar di sekitar Magelang dan Temanggung melalui daring maupun luring. Topik-topik yang diangkat sangat variatif seperti pendidikan anti korupsi, pendidikan bela negara, perlindungan anak, pencegahan pernikahan dini, pendidikan anti narkoba, kenakalan remaja, tertib lalu lintas, pencegahan bullying, dan pendidikan anti ciber crime. Masing-masing sekolah dapat memilih salah satu topik tersebut sesuai yang diinginkan.

Salah satu sekolah yang menjadi mitra kegiatan ini adalah MA Al-Mukmin Temanggung. Makmun Pitoyo selaku Kepala Sekolah MA Al-Mukmin Temanggung mengatakan,

ads

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi murid-murid madrasah kami agar dapat mengendalikan perbuatan bullying kepada temannya. Permasalahan bullying seakan sudah biasa, namun memiliki dampak yang besar jika tidak di cegah sejak awal,” kata Pitoyo.

Wakil Kepala Sekolah Bagian Humas SMA N 1 Kota Mungkid Magelang, Mulyadi mengatakan, pendidikan anti korupsi juga sangat penting dipahami dan ditanamkan sejak dini kepada para pelajar agar kelak tidak terjerumus menjadi koruptor saat bekerja. Kepala Madrasah As-Salam Temanggung, Arfan Zafrullah mengatakan dalam samabutan saat kegiatan dilaksanakan di madrasahnya bahwa sangat berterimakasih atas diadakannya kegiatan pengabdian ini. Kegiatan seperti ini sangat menambah wawasan terutama kesadaran hukum bagi para siswa-siswi kami dalam kehidupannya, kata Arfan. Beliau berharap di lain waktu dapat menjadi kegiatan rutin dari pihak kampus kepada sekolah yang menjadi mitranya.

Kegiatan pengabdian ini diisi oleh seluruh Dosen Fakultas Hukum UNIMMA secara bergantian sesuai dengan topik yang dipilih dari sekolah-sekolah mitra ini. Antusiasme sekolah-sekolah mitra terhadap kegiatan ini sangat tinggi, dengan demikian direncanakan akan menjadi kegiatan rutin tahunan dan diharapkan lebih banyak lagi sekolah yang menjadi mitra kegiatan ini. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!