- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) “Alhamdulilah, hari ini Alloh memberikan rezeki kepada saya”. Demikian ucapan syukur Mbah Juli (70), tukang servis payung yang kesehariannya mangkal di bawah pohon mahoni pinggir, Jalan Gatot Subroto Kota Magelang, tepatnya ujung selatan makam Giri Dharmoloyo.

Sudah cukup lama Mbah Juli mangkal di lokasi tersebut. Ia yang tinggal di Jagoan I RT 07/05 Kelurahan Jurangombo Utara setiap jam 07.00 sudah keluar rumah untuk mengais rejeki di seberang komplek Akademi Militer.

Tak dinyana, Sabtu (13/03/21) kemarin, Mbah Juli kedatangan Ny. Hetty Andika Perkasa. Awalnya tukang servis payung tersebut agak bingung saat ada beberapa Ibu-ibu berseragam kaos hijau dengan diikuti oleh anggota TNI. Namun rasa bingung segera hilang setelah diketahui yang datang adalah Ny. Hetty Andika Perkasa bersama rombongan.

Ny. Hetty Andika Perkasa yang merupakan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana berkomunikasi dengan Mbah Juli dengan suasana yang sangat familiar.

Dihadapan istri Kepala Staf Angkatan Darat, Mbah Juli menceritakan menggeluti servis payung dengan mangkal di pinggir jalan untuk menghidupi keluarganya. Penghasilannya pun tidak menentu, tergantung ada tidaknya masyarakat yang memerlukan jasanya dalam perbaikan payung secara tradisional. Rata-rata sehari memperoleh upah empat puluh ribu.

ads

“Semoga tetap sehat ya mbah agar bisa kerja untuk keluarga,” ujar Ny. Hetty Andika Perkasa.

Setelah berbincang-bincang, kemudian Ny. Hetty Andika Perkasa menyerahkan bingkisan sembako kepada Mbah Juli. Bingkisan sembako juga diberikan kepada para tukang becak, tukang sol sepatu dan petugas kebersihan makam Giri Dharmoloyo yang kebetulan sedang berada di pintu selatan makam Giri Dharmoloyo.

Tidak berhenti disitu, sembako juga diberikan kepada Mbah Ngatikem, pedagang makanan ringan yang setiap harinya berjualan di samping pintu masuk Kantor Pos Kota Magelang. Di usia yang sudah renta, ia tetap berusaha berjualan untuk mencukupi kebutuhan.

Kampung Kiringan Baru di Kelurahan Tidar Utara yang dihuni oleh 17 kepala keluarga menjadi lokasi terakhir bakti sosial Ketua Umum Persit. Kampung yang berada tidak jauh dari terminal bus tersebut mayoritas dihuni oleh warga yang sehari-harinya mengais rejeki sebagai pemulung. Setiap kepala keluarga mendapat bantuan sembako dari Ketua Umum Persit Ny. Hetty Andika Perkasa. Dalam kegiatan bakti sosial ini, Ny. Hetty Andika Perkasa bekerja sama dengan Budi Irawanto yang merupakan penggiat sosial “Sandal Jepitan Bareng”.

Dalam kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di Magelang, Ketua Umum Persit didampingi oleh Ketua Persit PD IV Diponegoro Ny. Novi Rudianto, Wakil Ketua Persit PD IV Ny. Novita Widi Prasetyono, Ketua Persit Koorcab Rem 072 Pamungkas Ny. Christine Bintang, Ketua Persit Cabang XXV Dim 0705/Magelang dan Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi, S.Sos, M.Tr (Han). (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!