- iklan atas berita -

 

Metro Times (Nganjuk) – Hari libur kampanye Pilgub yang betepatan dengan hari buruh nasional, calon Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memilih ziarah ke makam pahlawan buruh Marsinah. Tanpa diduga, kedatangan Khofifah disambut buruh pabrik industri.

Khofifah yang mengenakan pakaian putih khas dengan warna kerudung senada tiba di makam Marsinah, di Ngajuk, Jawa Timur, Selasa (1/4/2018) pagi. Tidak sendiri, Khofifah datang bersama wakilnya, Emil Elestianto Dardak.

Tiba di pusara Marsinah, Khofifah langsung memimpin doa. Khofifah, Emil dan warga yang ikut tampak khidmat membaca doa ziarah.

Khofifah mengatakan, pejuangan Marsinah perlu diapresiasi karena dengan jasanya, kesejahteraan buruh saat itu mulai terangkat. Perjuangan Marsinah menajdi sejarah di hari buruh nasional ini.

ads

“Marsinah memberikan perjuangan dan pengorbanan untuk membawa kebaikan bagi para buruh, para karyawan. Itu menjadi catatan sejarah di negeri ini,” kata Khofifah.

Marsinah adalah seorang buruh pabrik arloji PT Catur Putra Surya (CPS), di Desa Siring, Porong, Sidoarjo. Saat itu tahun 1993, Marsinah memimpin aksi pekerja PT Catur Putra Surya untuk memperjuangkan upah layak untuk buruh.

Hasil perjuangannya, Gubernur merilis surat instruksi No. 50/Th. 1992 yang berisi imbauan kepada pengusaha agar menaikkan kesejahteraan karyawannya dengan memberikan kenaikan gaji sebesar 20% gaji pokok. Seusai tuntutan dipenuhi, sejumlah buruh dan Marsinah dipanggil aparat Kodim (Komando Distrik Militer).

Pascapemanggilan, Marsinah dikabarkan hilang tanpa diketahui kabar. Saat ini, setiap 1 Mei makam Marsinah selalu ramai peziarah dari buruh maupun masyarakat untuk mendoakan sekaligus mengenang jasa Marsinah.(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!