- iklan atas berita -

Metro Times (Semarang) Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Jawa Tengah, DR H Cicut Sutiarso SH MHum, merencanakan dan memprogramkan pada masa yang akan datang sidang di Pengadilan dan informasi lainnya tentang Pengadilan bisa di akses oleh seluruh masyarakat sampai ke desa-desa terpencil di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Pernyataan tersebut di Sampaikan oleh Dr Cicut Sutiarso didampingi Sekretaris PT Sardiono SE MPd dan Bagian Humas PT Jateng Edy Rusdianto SH MH kepada Ketua Umum Sekretariat Bersama Insan Pers Jawa Tengah (Sekber IPJT) Endar Susilo bersama Sekretaris IPJT Muh Safik di Ruangan Kerja KPT Jateng pada Jumat 12 Juni 2020 kemarin.

Ditemui usai Melantik dan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Magelang, dan KPN Slawi dari pejabat lama ke pejabat yang baru.
Dr Cicut Sutiarso menyampaikan,

“Kami akan segera melakukan koordinasi dengan Gubernur Jateng, agar sesegera mungkin masyarakat baik di kota maupun di desa bisa mengakses persidangan dan Informasi tentang Pengadilan yang bisa diperlihatkan melalui stasiun televisi yang terpasang di Balai Desa masing-masing, sehingga masyarakat bisa tahu persis jalannya persidangan yang berhubungan dengan perkara terkait yang sedang dilakukan proses Pengadilan,” terang Dr Cicut Sutiarso dalam menyampaikan salah satu program ke depan selain beberapa program lainnya.

Disampaikan juga oleh Dr Sutiarso bahwa ia menginginkan Peradilan yang bersih, berwibawa, cepat dan memenuhi unsur keadilan serta keterbukaan.

ads

“Tugas dan fungsi Pengadilan Negeri seperti Mahkamah Agung di daerah sehingga semaksimal mungkin diupayakan agar setiap perkara sudah memenuhi unsur keadilan pada tingkat PN dan kalau bisa diupayakan tidak perlu lagi ada Banding dan upaya hukum lainnya,” jelas bapak 3 anak tersebut.

Sosok Dr Cicut Sutiarso merupakan pribadi yang ramah dan jujur, terlahir dari Kota Wonogiri, 22 Juli 1955 yang telah banyak pengalaman. Meniti karir menjadi seorang Hakim berpindah-pindah sesuai dengan tugas negara yang diembannya dimulai pada tahun 1983, bertugas di PN Sangit, PN Gorontalo (1987 – 1992) PN Kerawang (1992 -1997), Kemudian pada bulan Januari – Maret tahun 1994, ia menjadi Duta Indonesia mengikuti pendidikan hukum di Negara Jepang, Wakil KPN Indramayu (1996) KPN Indramayu (1997 – 1999), KPN Batam (1999 – 2001), Wakil KPN Sidoarjo (2001), KPN Sleman (2002), Wakil KPN Jakarta pusat (2002 -2006), KPN Jakarta Pusat (2006 ), KPT Denpasar (2007), menjabat Dirjen (2008 – 2013), serta mengikuti Lemhanas, KPT Jateng (2013), Mengikuti pendidikan di Australia (2013 – 2015) KPT Medan (2016 – 2019), KPT Pekan Baru (2019/bulan) dan kembali menjadi KPT Jateng.

Sebagai KPT, ia berkomitmen untuk bisa menjadi contoh dan suri tauladan pada jajarannya dan sebagai kepanjangan tangan dari Mahkamah Agung. PT Jateng juga berkomitmen membantu pemerintah dibidang hukum dan keadilan untuk membangun pengadilan modern, dengan membatasi pertemuan, zona integritas, dengan akreditasi, membangun reformasi birokrasi dengan titik poinnya adalah menciptakan aparat yang bersih dan anti KKN, serta meningkatkan kualitas pelayanan Publik.

Endar Susilo, sebagai Ketua IPJT (Insan Pers Jawa Tengah) akan mengajak anggotanya untuk membantu mensosialisasikan melalui media.

“Kami akan mengajak rekan-rekan wartawan untuk mendukung, memberitakan dan menyampaikan kepada masyarakat inovasi dalam Penegakan Hukum dan Keadilan yang dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Jateng beserta jajarannya.

Acara Silaturahmi Ketum IPJT dan Sekertaris IPJT ke Pengadilan Tinggi Jateng tersebut berlangsung sekitar 1 jam dan berakhir sekitar pukul 11.30 WIB. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!