- iklan atas berita -

Metro Times (Semarang) – Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang menggelar program kerja aksi sosialisasi peduli lingkungan yang bertajuk “Ayo Jaga Bumi Kita”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SDN 01 Kandangan, Kamis (2/11). Tujuan adanya kegiatan ini adalah untuk mengedukasi para siswa mengenai pentingnya melestarikan alam dan bagaimana kita dapat berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan di sekitar kita.

Beberapa aspek yang tercakup dalam kegiatan tersebut diantaranya pentingnya lingkungan, bagaimana cara menjaga lingkungan sekitar, dan dampak jika tidak menjaga lingkungan hingga kegiatan penanaman pohon serta pengelolaan sampah. Kegiatan ini turut serta didukung oleh guru dan orang tua siswa. Mereka menilai bahwa kepedulian terhadap lingkungan perlu diajarkan sejak dini. “Alhamdulillah kegiatan ini bisa menjadikan anak-anak mengenal lingkungan dan menjaganya agar semakin nyaman,” ujar Priyono selaku guru SDN 01 Kandangan

Kegiatan sosialisasi ini dikuti oleh 45 siswa yang terdiri dari kelas 3A dan 3B. Pada hari sebelumnya, KKN UIN Walisongo posko 5 memberikan pesan terhadap anak-anak untuk membawa botol bekas agar dapat dimanfaatkan menjadi media pot penanaman.

Insiatif ini mendapatkan respon dan dukungan positif dari orang tua siswa.”Mbak, anak-anak senang sekali ketika disuruh membawa botol bekas katanya mau buat menanam pohon,” ujar Siti Khotijah salah satu orang tua siswa.

Selain itu, siswa-siswi SDN 01 Kandangan sangat antusias dan aktif selama kegiatan berlangsung. Naila Salsabila salah satu siswa yang mengikuti program ini merasa excited, “Seneng banget mbak apalagi pas main tanam-tanaman sama ada hadiah kalo jawab pertanyaan dari mbak,” akunya

ads

” Keterlibatan anak-anak SD pada kegiatan peduli lingkungan ini, diharapkan mampu membentuk kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sejak dini. Hal ini merupakan langkah awal untuk membentuk generasi muda yang bertanggung jawab terhadap bumi kita.” ujar Elviana Iqlimatus salah satu anggota KKN dalam acara tersebut.

Ia menambahkan selain bermanfaat terhadap lingkungan, program ini juga diharapkan dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada siswa yang mana mereka akan menjadi agen perubahan dalam melestarikan lingkungan di masa depan.
(Tim Media Mahasiswa KKN Reguler 81 UIN Walisongo Posko 5/af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!