- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Lesung bukan hanya sekedar alat untuk menumbuk padi agar menjadi beras.tetapi lesung bisa di gunakan menjadi media kesenian yang tetap eksis di gunakan sampai zaman serba modern saat ini.

Dengan mengiringi lagu lagu daerah dan lagu perjuangan terdengar keras di dalam Gedung Dewan Perwakilan Daerah Purworejo pada saat menyambut kedatangan Forkompinda Kabupaten Purworejo di acara sidang Paripurna mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT RI ke 73, Kamis (16/8/18).

Dalam penyambutan ini Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Muchlis Gasim S.H.,M.Si.menyempatkan diri memainkan alat musik lesung di depan tamu undangan yang sedang menghadiri rapat paripurna.

Tak canggung Dandim menggoyang goyangkan tangan sambil mengikuti irama seolah larut terbawa dalam alunan musik yang di mainkan tersebut.

“Saya terpukau dengan kesenian ini,selain untuk menumbuk padi lesung bisa di gunakan untuk mengiringi lagu lagu perjuangan.”ungkap Dandim.

ads

Lebih lanjut Dandim memberi apresiasi kepada ibu ibu dan bapak bapak di usia lanjut masih piyawai memainkan dan melestariakan seni budaya tradisional.

“Semoga generasi muda di hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 73 bisa terispirasi untuk nguri uri budaya daerah kususnya kesenian khas Purworejo.pungkasnya. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!