Pemdes Sumbersari Dukung Upaya Gapoktan Cegah Serangan Hama Demi Wujudkan Ketahanan Pangan

0
692
- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – Pemerintah Desa (Pemdes) Sumbersari Kecamatan Ngampel mendukung upaya Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sari Makmur dalam mewujudkan ketahanan pangan.

Untuk mewujudkan ketahanan pangan Gapoktan Sari Makmur melakukan penyemprotan pestisida untuk mencegah serangan hama wereng yang saat ini melanda di lahan pertanian milik warga.

“Upaya pencegahan sangat kita dukung agar kejadian gagal panen seperti tahun kemarin tidak terulang kembali,” kata Kades Sumbersari Abdus Shomad, kamis (30/7/2020).

Kades yang baru menjabat sejak 11 Mei lalu juga menyampaikan, demi mendukung pertanian di wilayahnya, pihak pemdes menyiapkan mesin pompa air di blok Kepuh.

“Menghadapi musim kemarau, pemdes menyiapkan pompa air untuk membantu petani di blok Kepuh karena irigasi yang ada kurang bisa menjangkau semua lahan. Di blok lain, seperti di blok Kramat, Kaum dan Segumuk, semua terbantu dengan sarana irigasi yang sudah ada,” bebernya.

ads

Sementara itu, Ketua Gapoktan Sari Makmur, Ahmad menuturkan, 99 hektar dari total 184 hektar luas lahan pertanian di Sumbersari ditanami padi. Sedangkan sisanya ditanami tembakau.

“Kondisi tanaman padi saat ini terserang hama wereng coklat seperti tahun lalu,” katanya.

Hama wereng coklat, lanjut Ahmad menyerang tanaman padi. Hama tersebut, menempel pada batang padi dan menyebabkan tanaman padi menjadi menguning lalu mati.

Melihat banyaknya lahan pertanian yang terserang hama wereng, Ahmad melaporkan kejadian tersebut kepada Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kendal.

“Alhamdulillah, setelah laporan diterima, kami dibantu pestisida,” ungkapnya.

Usai bantuan pestisida didapatkan, kata dia, semua pengurus dan anggota Gapoktan dikerahkan untuk melakukan penyemprotan pestisida secara serentak selama 2 hari yakni, pada kamis 30 Juli dan sabtu 1 Agustus 2020. Selain itu, dua Kelompok Tani (Poktan) dibawah naungan Gapoktan Sari Makmur yakni Poktan Sidomakmur dan Poktan Sidorejo juga ikut dilibatkan dalam penyemprotan pestisida.

“Hari ini kita lakukan penyemprotan di blok Kramat dan Kepuh. Sabtu lusa kita kembali lakukan penyemprotan pestisida di blok Kaum dan Segumuk,” jelasnya.

Harapan agar musim tanam tahun ini petani bisa memperoleh hasil panen yang melimpah disampaikan Ja’far selaku Ketua Poktan Sidomakmur yang turut dalam kegiatan penyemprotan pestisida secara serentak.

“Semoga panen nanti hasilnya lebih melimpah daripada tahun yang lalu. Tahun lalu petani gagal panen akibat serangan hama wereng ini,” harapnya.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!