Mantan Gubernur provinsi Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang
- iklan atas berita -

METROTIMES, JAKARTA – Mantan Gubernur provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dua periode Agustin Teras Narang menyarankan agar pemerintah membentuk Badan Otorita Khusus sebelum pemindahan Ibukota ke provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dilakukan.

Badan Otonomi Khusus itu, kata Teras Narang bertugas untuk merencanakan, mengurusi dan memastikan pemindahan Ibukota tersebut tidak bermasalah dikemudian hari.

Lebih lanjut Gubernur Kalteng 2005-2015 itu menjelaskan, keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah memutuskan pemindahan Ibukota harus didukung seluruh komponen bangsa.

“Pemindahan Ibukota sudah diputuskan oleh Presiden. Kita harus tunduk pada keputusan Presiden itu,” demikian dikatakan Agustin Teras Narang kepada wartawan usai menjadi pembicara seminar bertema “Otonomi daerah dan desentralisasi fiskal dalam rangka pemerataan pembangunan daerah” di gedung Wiliam Suryajaya kampus Universitas Indonesia (UKI) Cawang, Jakarta, Senin (30/9/201).

Agustin Teras Narang, salah satu pembicara seminar bertema “Otonomi daerah dan desentralisasi fiskal dalam rangka pemerataan pembangunan daerah” di gedung Wiliam Suryajaya kampus Universitas Indonesia (UKI) Cawang, Jakarta, Senin (30/9/201)

Hadir sebagai pembicara dalam acara diskusi yang dimoderatori Saor Siagian tersrbut; ekonom senior Faisal Basri dan akademisi Blucer Welington Rajaguguk.

ads

Teras Narang mencontohkan, Badan Otorita Khusus tersebut nantinya juga diberikan wewenang penuh untuk mengkaji dan memastikan tanah yang akan dipakai sebagai Ibukota tidak bermasalah.

“Misalnya, Otorita punya tugas mengkaji dan memastikan keadaan disana benar-benar clear and clean,” ungkapnya.

Dirinya berharap, pemindahan Ibukota ke Kaltim membawa dampak positif bagi seluruh provinsi yang ada di Kalimantan. Sehingga, pertembuhan ekonomi dan manfaatnya benar-benar bisa dirasakan masyarakat disana.

“Pemindahan Ibukota ke Kaltim harus membuat seluruh provinsi di Kalimantan berkembang,” tutur Teras Narang.

Dirinya berharap, orang asli Kalimantan bisa ditunjuk  sebagai Ketua Badan Otorita Khusus sebelum pemindahan Ibukota tersebut.

“Sebaikanya orang Kalimantan yang menjadi Ketuanya. Karena, mereka  hafal dengan wilayah tersebut. Masak orang Kalimantan tidak diberikan kesempatan dalam pemindahan Ibukota tersebut,” pungkas Teras Narang. (HP/WT/IWO)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!