- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, menerima kunjungan kerja pejabat tinggi dari Hungaria dan Swedia, guna menindaklanjuti kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Purworejo. Mereka yang datang adalah, Director Oriental Business and Innovation CTR BGE University, Prof.Dr.Tamas Novak, Senior Official Bank Central Hungary Prof.Dr.Istven Abel, dan Senior Official Bank Central Hungary, Mr.Szillard Boros, serta Mr.Martin Jacobson dari Swedia.

Rombongan diterima Bupati Purworejo, di ruangan dalem agung pendopo Kabupaten Purworejo. Bupati didampingi Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Ir Luhur Pambudi Mulyono, MT.MM, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Yophi Prabowo, Sekda Purworejo, Drs. Said Romadhon, beserta Asisten Sekda, Drs. Muh Wuryanto MM, Kepala OPD terkait di Purworejo. Turut mendampingi George Iwan Marantika, selaku pengurus Kadin, jumat (23/3/18).

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan balasan setelah kunjungan kerja Bupati Purworejo bersama beberapa pejabat Purworejo ke Hungaria beberapa bulan yang lalu. Atau pertemuan yang kedua kalinya setelah pertemuan mereka yang pertama di Hungaria.

Dalam pertemuan itu Bupati menyampaikan, Purworejo adalah sebuah kabupaten yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Tengah. Secara administratif, kabupaten ini yang meliputi area seluas 1.034,8 kilometer persegi terbagi 16 kecamatan, dengan 469 desa, dan 25 kelurahan.

ads

Dikatakan Bupati, secara geografis, Purworejo berbatasan dengan Kabupaten Kebumen di sebelah barat, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Wonosobo di utara, Kulonprogo (Yogyakarta) di sebelah timur dan Samudra Hindia di selatan. katanya.

Lanjut Bupati, Purworejo adalah daerah agraris, Kabupaten ini juga menjadi zona penyangga untuk ketahanan pangan di Provinsi Jawa Tengah, dengan beras, kacang kedelai dan jagung sebagai tanaman utamanya.

“Potensi tanaman dari sektor pertanian termasuk kelapa, kopi, manggis, durian, dan produk olahannya seperti virgin coconut oil (VCO) dan gula aren. Untuk mengoptimalkan potensi yang kami miliki, kami memiliki minat yang besar untuk bekerja sama dengan pemerintah Hungaria.” ungkap Bupati.

Harapan kami adalah bahwa melalui kerja sama ini, kami dapat mewujudkan impian kami untuk memajukan Kabupaten Purworejo dan membawa kemakmuran bagi masyarakat. jelas Bupati.

Sementara, Director Oriental Business and Innovation CTR BGE University, Prof Dr Tamas Novak, melalui George Iwan Marantika mengatakan, pemerintah Hungaria mengutus perwakilan terbaik ke Purworejo, untuk menindaklanjuti kunjungan pemkab purworejo ke Budapest Hungaria yang lalu.

Dikatakannya, bahwa BGE University merupakan ujung tombak hubungan kerjasama Indonesia dengan Hungaria. Hubungan Indonesia dengan Hungaria dibangun dari kampus, tetapi kemudian menggandeng kamar dagang dan dunia usaha. Dalam kurun waktu tiga tahun, hubungan perdagangan dan ekonomi Indonesia dengan Hungaria meningkat 300 persen. Katanya.

“Kunjungan ke Purworejo bertujuan untuk mempromosikan Purworejo di Hongaria.¬†
Mereka diutus oleh lembaganya masing-masing untuk mempromosikan Purworejo di Hungaria. Kedepan diharapkan kerjasama dapat terus dibangun.” Kata Prof. Dr. Tamas Novak.

Salah satu kegiatan yang akan dikerjasamakan adalah dibidang aquaculture atau budi daya perairan dan sumber daya laut. Salah satu prioritas utama hubungan Indonesia Hongaria adalah mempromosikan Kabupaten Purworejo di Hungaria.

Pada pertemuan itu hadir juga, Mr Martin Jacobson dari Swedia yang saat ini sedang bekerjasama dengan Pemkab Purworejo di bidang pertanian. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!