- iklan atas berita -

METROTIMES, TEMINABUAN (PAPUA BARAT) –  Pada rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum KPU Kabupaten Sorong Selatan bersama PPD yang disaksikan langsung Bawaslu Kabupaten Sorong Selatan dengan beberapa pimpinan  Forkopimda setempat yang mengikuti tahapan presentasi dari ketua dan anggota PPD dari 15 distrik di Sorsel, Sabtu (12/9) di Teminabuan.

Ketua KPU Ester Homer SE bersyukur dan terimakasih kepada Tuhan yang  Maha Kuasa atas melalui proses pencocokan data dengan waktu yang lumayan, kurang lebih 4 bulan berjalan dengan baik, mulai saat pendataan dan pemutahiran data hingga dapat diplenokan.Tahapan perekapan mulai 30 Agustus sampai dengan 1 September berjalan baik, ujarnya.

Pada tingkat kampung maupun Distik, hari ini kita tetap mengikuti jadwal sesuai peraturan KPU, sehingga 13 september sampai 16 september dalam pleno tingkat Kabupaten, sehingga PPD dengan KPU bekerja maksimal untuk memastikan data valid untuk DPS dari 15 Distrik se-Kabupaten Sorong Selatan, ungkap Ester Homer.

Juga Ester menegaskan terkait batasan waktu pleno penetapan DPS sementara Pemilukada Gubernur Bupati dan walikota tahun 2020 menegaskan batasan waktu pleno rekapitulasi hasil rujuk dari distrik masing–masing yang dilaksanakan hari ini.

ads

Maka dari hasil pelaporan dari  tiap distrik telah diplenokan DPS kita saat ini kurang lebih berjumlah 43,793 DPS data pemilih, terangnya.

Ia juga menyampaikan terkait berapa tahapan pelaksanaan yang sudah dilaksanakan, seperti tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) PPDP tanggal 15 s/d 30 tahun 2020 jumlah daftar pemilih model (A-KWK) 43.612 pemilih yang terdiri dari Laki-laki 22.674 pemilih dan perempuan 20.938 pemilih  TPS yang di coklit jumlah 162 TPS dengan ketentuan 500 pemilih per TPS jumlah KK tercoklit 14.109 KK. Jumlah petugas  Pemutahiran daftar Pemilih( PPDP) 162 orang.

Jumlah pemilih yang  tercoklit 47.555 pemilih dengan rincian pemilih sesuai jumlah 39.739 pemilih, dengan rincian pemilih baru sejumlah 3.943 pemilih, pemilih TMS  sejumlah 3.762 pemilih, dan data pemilih yang  diperbaiki elemennya sejumlah 111 pemilih.

Penyusunan Daftar Pemilih hasil pemutahiran oleh PPS tanggal 7-29 Agustus 2020 Rekapitulasi DPHP ditingkat PPS tanggal 30- 1 September 2020, sementara Rekapitulasi DPHP di tingkat PPD pada tanggal 2 – 4 September 2020 dari hasil kerja sama antara Panitia pemutahiran data (PPD) 15 Distrik mempresentasikan dihadapan Komisi  Pemilihan Umum maupun Panwaslu kabupaten Sorong Selatan.

Jadi hasil pleno DPS sementara pada hari ini berjumlah pemilih aktif berdasarkan Model A-KWK, secara resmi ditetapkan DPS di Gedung Aula Marten Luter Wermit berjumlah  43,769 pemilih, terang Ketua KPU Kabupaten Sorsel  Ester Homer SE.

Sehingga telah dibuat berita acara data pemilih sementara yang ditandatangani oleh pihak Bawaslu, partai politik, pihak Pemerintahan Kabupaten Sorong Selatan disaksikan berapa tokoh dan pihak lembaga terkait yang di pantau langsung berbagai elemen masyarakat, termasuk media, pungkas Ester Homer. (Agus Semunya/Hp)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!