- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Rapat pleno pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan wakil Bupati digelar secara virtual terbuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo di Gedung Ganesha Convention Hall, Kamis (24/9) pagi.

Dalam rapat pleno pengundian nomor urut paslon bupati dan wakil bupati, pasangan Agustinus-Kelik (Asli) mendapat nomor urut 1, no urut 2 pasangan Kuswanto-Kusnomo (Bung Tomo). Sementara, pasangan Agus Bastian-Yuli Hastuti (Bayu) mendapatkan nomor urut 3.

Dalam pengambilan nomor urut, Paslon Bayu tidak dihadiri oleh calon bupati Agus Bastian. Ia diwakili oleh Ketua Badan Pemenangan Paslon Bayu, Kelik Ardani.

Menurut Kelik Ardani, Agus Bastian tidak dapat hadir karena sakit dan saat ini berada di Rumah Sakit di Jogja.

“Terus terang saja beliau gerah (sakit, red) sehingga mewakilkan kepada saya,” katanya.

ads

Ketika ditanya media terkait isu Agus Bastian sakit karena terjangkit Covid-19, Kelik membantahnya. Dijelaskannya, Agus Bastian sakit bukan terkena covid.

“Beliau hanya kelelahan saja dan masih perlu pemulihan. Jadi bukan terkena covid, isu itu tidak benar, ayo kita beritakan yang baik-baik ajalah,” kata Kelik menjawab pertanyaan media.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Purworejo Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Akmaliyah menjelaskan bahwa kegiatan pengundian dan penetapan nomor urut telah sesuai PKPU Nomor 13 Tahun 2020 dengan melakukan pembatasan peserta rapat pleno terbuka.

“Tadi malam terbit PKPU membatasi orang yang hadir. Yang hadir hanya Paslon, LO 1 dan Bawaslu. Tidak boleh ada pendukung, kita jauh-jauh hari sudah menghimbau kepada Paslon untuk tidak membawa pendukung,” kata Akmaliyah.

Hasil pengundian nomor urut kemudian akan diumumkan dan disosialisasikan oleh KPU, baik melalui website KPU maupun sosialisasi langsung kepada masyarakat.

Akmaliyah juga menambahkan, dalam pengundian nomor urut, calon bupati dari pasangan Bayu tidak hadir karena sakit. “Calon bupatinya tidak hadir, tapi diwakilkan oleh ketua tim pemenangan Bayu. Dalam surat yang kami terima, keterangannya hanya sakit,” jelasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!