- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Seorang investor asal Malaysia bernama Simon Chen Chew Woon menawarkan kerja sama kepada Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam bidang pembangunan Pelabuhan Laut Dalam di kawasan pantai selatan Kabupaten Purworejo.

Pengusaha bidang jasa konstruksi pelabuhan itu datang ke Purworejo untuk melakukan penjajakan sekaligus paparan dengan didampingi Direktur PT Asiana Raya Jakarta, Daniel, Selasa (3/4).

Kehadiran keduanya diterima langsung oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM di Ruang Kerja Bupati. Turut mendampingi Bupati antara lain Sekda Said Romadhon, Asisten I Sekda Murwanto, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Widyo Prayitno, Kepala Dinas Pariwisata dan Budayaan Agung Wibowo, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Woro Widyawati, Plt Kepala DPUPR, Suranto, dan Kabag Humas dan Protokol Setda, Agus Ari Setiyadi.

Dalam pertemuan yang berlangsung satu jam itu, Simon, mengaku tertarik untuk menanamkan investasi di Purworejo karena melihat peluang besar untuk melakukan kerja sama tersebut.

ads

Menurutnya, Pelabuhan Laut Dalam atau Deep Sea Port di Pantai Keburuhan Kecamatan Ngombol yang menjadi program Pemkab Purworejo akan dapat berkembang pesat.

“Pembangunan Deep Sea Port di Pantai Keburuhan sangat strategis untuk persinggahan kapal-kapal besar. Kami punya pengalaman membangun pelabuhan dan proyek-proyek lain di beberapa negara,” katanya.

Simon juga menawarkan kerja sama penambangan pasir besi dan pengerukan sedimentasi hilir Sungai Jali. Dalam pelaksanaannya, kerja sama tersebut juga dapat melibatkan perusahaan daerah milik Pemda.

Menurut Daniel, kedatangan mereka di Purworejo merupakan kali pertama untuk menjajaki kerja sama. Selanjutnya, pihaknya akan menunggu respons dari Pemkab Purworejo terkait tawaran kerja sama tersebut.

“Ini pertemuan pertama, baru wacana kerja sama, dan masih mentah. Waktu pelaksanaannya jika sepakat kami juga belum tahu,” sebutnya.

Bupati Purworejo Agus Bastian menyatakan menyambut baik adanya tawaran kerja sama tersebut. Namun, Bupati meminta agar investor fokus pada pembangunan pelabuhan laut dalam.

“Pembangunan pelabuhan laut dalam memang merupakan salah satu program yang kami tawarkan. Proyek itu juga terkait dengan pengembangan program Bording City,” jelas Bupati.

Terkait kerja sama dalam penambangan pasir besi, Bupati langsung menolak. Pasalnya, menurut Bupati penambangan pasir besi pernah dilakukan dan berdampak buruk bagi lingkungan setempat.

“Peluang itu bisa kita ambil dalam bentuk Border City. Jika pelabuhan laut dalam dibangun, maka akan makin lengkap untuk menjadikan Purworejo sebagai daerah yang maju,” ungkapnya.

Sekda Said Romadhon menambahkan, tawaran kerja sama dari investor akan segera ditindak lanjuti dengan terlebih dahulu melakukan pembahasan internal Pemkab.

“Jadi memang sudah lama kita menawarkan berbagai investasi. Ada pelabuhan laut dalam, ada perhotelan, pembangunan objek wisata. Ini akan segera kita tindaklanjuti,” katanya.

Terkait lokasi pembangunan pelabuhan, Said belum dapat memberikan kepastian. Pemkab terlebih dahulu akan melakukan pengecekan.

“Pembangunan pelabuhan belum pasti di Keburuhan, tapi yang jelas di pantai selatan. Nanti kan kita cek oleh tenaga ahli,” bebernya. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!