- iklan atas berita -

Metro Times (Semarang) – Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) Kota Semarang menggelar Konser Budaya di Silayur Park, Ngaliyan, Kota Semarang, Sabtu (26/8) malam.

Pagelaran seni tersebut dilaksanakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78.

Ketua Panitia Konser Budaya Lesbumi, Choirul Awaludin dalam laporannya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kepedulian Nahdlatul Ulama (NU) terhadap kesenian yang kian tergerus oleh zaman.
“Kegiatan semacam ini merupakan kepedulian NU terhadap budaya yang mulai tergerus zaman,” ujarnya.

Dia katakan, ada pembacaan puisi, musik, dan teater yang menuangkan ide kreatif dan kritis, ‘Tentunya kami berharap ide-ide yang tertuang melalui kesenian ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi tersendiri untuk kota Semarang yang lebih baik,” urainya.

Sementara, Ketua Lesbumi Kota Semarang, H. Sukat Abdul Muiz, M.Pd mengatakan, Lesbumi sebagai lembaga NU kurang populer di masyarakat. Padahal, Lesbumi didirikan oleh Asrul Sani dan Usmar Ismail pada 28 Maret 1962.
“Kalau mendengar kata Lesbumi, masyarakat merasa agak asing ya, padahal organisasi ini lahir pada tahun 1962,” ungkapnya.

ads

Ia lantas menjelaskan, Lesbumi merupakan strategi dakwah NU dalam menjaga rakyat Indonesia dari paham yang menyimpang melalui budaya.
“Jadi bukan hanya ngurusi rebana, qasidah saja. Tapi kesenian dan budaya secara luas. Ada seni rupa, seni musik, teater, dan sebagainya,” urainya.

Lesbumi, kata Muiz, merangkai dari kalangan ulama, seniman, dan umara (pemimpin) yang bersatu membina masyarakat melalui budaya yang baik.
“Salah satu targetnya, membina akhlak putra bangsa melalui kesenian, membina budaya yang tidak lepas dari akhlakul karimah,” pungkasnya. (af).

Keterangan foto: Teater Soko Bumi saat tampil dalam Konser Budaya Lesbumi Kota Semarang di Silayur Park. (Ahmad Rifqi Hidayat for Metro Times).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!