- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Pelayanan Pendidikan Kecamatan (PPK) Purworejo Kabupaten Purworejo mendorong sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya untuk membangkitkan semangat siswa dalam berliterasi. Dorongan itu diwujudkan dengan menggelar Lomba Literasi Tahun 2019, Kamis (28/2).

Lomba terdiri atas 5 cabang dan dipusatkan di 3 lokasi. Cabang Menulis Cerpen serta Cipta dan Baca Puisi di SDN Sebomenggalan. Cabang Cipta Pantun dan Mendongeng di SDN Purworejo. Sementara satu cabang berikutnya yakni Cipta Syair di SDN Kliwonan.

Koordinator PPK Purworejo, P Eko Widiyastuti SPd MSi, mengungkapkan bahwa Lomba Literasi menjadi salah satu terobosan untuk membangkitkan semangat berliterasi di seluruh sekolah yang ada di wilayahnya. Adanya lomba sekaligus untuk menjaring siswa-siswa berbakat dan mendorong sekolahnya untuk mengikuti Festival dan Lomba Literasi Nasional yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Dengan kegiatan ini kita bangkitkan semangat berliterasi. Sekolah-sekolah yang menjadi juara selanjutnya akan kita dorong untuk mengikuti festival dan lomba literasi di tingkat nasional,” katanya.

ads

Ketua Panitia Popda Seni PPK Purworejo, Drs Riyadi Akhmad, menyebut PPK Purworejo membawahi sekitar 52 SD/MI. Dari jumlah itu, antusias sekolah mengikutsertakan siswa dalam perlombaan cukup tinggi.

“Cabang Menulis Cerpen diikuti 23 sekolah, Cipta Syair diikuti 21 sekolah, Cipta Pantun 30 sekolah, Cipta dan Baca Puisi 35 sekolah, dan Mendongeng diikuti 14 sekolah,” sebutnya didampingi Bidang Akademik Kepanitiaan Popda Seni PPK Purworejo, Rokhana SPd MMPd.

Panitia Pelaksana Lomba Literasi yang juga Kepala SDN Sebomenggalan, Dra Nurhayati, menjelaskan bahwa dalam pelaksanaannya, lomba mengacu pada petunjuk teknis Lomba Literasi Nasional. Guna menjaga sportivitas kompetisi, panitia melibatkan juri-juri kompeten dari Kelompok Peminat Seni Sastra (Kopisisa) Purworejo.

“Agar penilaian objektif, kita libatkan 5 orang juri dari Kopisisa. Lomba ini mandiri dari PPK Purworejo bersama Kelompok Kerja Kepala Sekolah Purworejo. Memang baru kali ini, sebelumnya langsung himbauan ke sekolah-sekolah agar mengikuti lomba di tingkat nasional,” jelasnya.

“Masing-masing cabang kita ambil juara 1 sampai dengan 3, tapi ada juga yang sampai harapan 3,” imbuhnya.

Pantauan di lokasi, lomba yang berlangsung selama sehari berlangsung ketat dan meriah. Seluruh siswa tampak total dan antusias berkompetisi.

Dari hasil penilaian juri, juara 1-3 Cabang Cipta Syair berurutan diraih siswa SDN Ulul Albab 2, SDN Sebomenggalan, dan SDN Kliwonan. Juara 1-3 Cabang Pantun berurutan diraih siswa SDN Purworejo, SDN Ganggeng, dan SDN 1 Pangen Jurutengah.

Pada Cabang Mendongeng, juara 1-3 berurutan yakni siswa SDN Purworjeo, SDN Pangen Gudang, dan SDN Sebomenggalan. Untuk Cabang Cerpen, juara 1-3 diraih siswa SDN Purworejo, SDN Ulul Albab 2, dan SDN Pangen Gudang.

Selanjutnya pada bidang Cipta dan Baca Puisi, juara juara ditetapkan sampai harapan 3. Secara berurutan yakni siswa SDN Pengen Jurutengah, SD Maria, SDN 1 Mranti, SDN Semawung, SDN Sebomenggalan, dan SD Penabur. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!