- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Sepasang Burung Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) bernama Abu dan Rossy dilepasliarkan oleh Presiden Jokowi di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) wilayah Jurang Jero, Srumbung, Kabupaten Magelang, Jumat (14/02) pagi.

Kepada wartawan, Jokowi mengatakan sebetulnya ada enam (6) pasang Burung Elang, namun yang dilepas hari ini satu (1) pasang.

“Nanti kalau ada lagi akan kita lepas lagi, yang kita lepas bukan hanya Burung Elang saja, tapi juga burung-burung kecil yang di pakai untuk makanan elang,” tuturnya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, pemerintah ingin memulai dengan hal-hal yang berkaitan dengan ekosistem, satwa, flora fauna, penanaman kembali, reboisasi di kawasan-kawasan yang sering banjir dan longsor.

“Tadi sudah saya sampaikan, masyarakat agar tanam tanaman yang fungsi hijaunya ada, dan juga ekonomisnya juga ada, saya kira itu yang terus kita dorong,” jelasnya.

Burung Elang Jawa jantan bernama Abu dijelaskan oleh Jokowi berasal dari serahan warga melalui Taman Nasional Gunung Ciremai dan BBKSDA Jawa Barat, kemudian Burung Elang tersebut dibawa ke Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK) untuk mendapatkan proses rehabilitasi.

Sedangkan Elang Jawa betina bernama Rossy berasal dari serahan warga melalui BBKSDA JAwa Barat Bidang Wilayah III Ciamis, diterima Pusat Konservasi Elang Kamojan pada 8 September 2018 yang lalu.

Selain melepaskan Burung Elang Jawa, Presiden Jokowi juga melakukan penanaman pohon secara simbolis bersama warga masyarakat Kabupaten Magelang.

“Tolong pohon ini di jaga ya Bapak-bapak dan Ibu-ibu,” ajaknya.

Ribuan bibit pohon di tanam di Kawasan Wisata Jurang Jero Srumbung Kabupaten Magelang.

Dalam pelepasan Burung Elang Jawa dan penanaman bibit pohon di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) masuk Kawasan Jurang Jero Srumbung, Presiden Jokowi didampingi Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basoeki Hadimoelyono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi Pujiati, Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Manager PKEK Zaini Rahman.

Kedatangan Presiden Jokowi menarik simpati warga masyarakat sekitar Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) sekitar Jurang Jero Srumbung. (rif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here