- iklan atas berita -

Metro Times (Pati) Kalau anda sedang berkunjung atau melintasi Kabupaten Pati, tidak ada salahnya untuk singgah sejenak berwisata kuliner khas di wilayah itu. Salah satunya adalah Nasi Gandul. Nasi Gandul sendiri adalah makanan khas dari Kabupaten Pati, dan Nasi Gandul ini resepnya dipercaya telah ada sejak jaman dahulu.

Di Pati ada banyak penjual atau warung yang menyediakan menu Nasi Gandul. Namun yang dipercaya tempat yang paling asyik dengan kenikmatan rasa Nasi Gandul itu berada di Jln. Kolonel Sunandar No. 60 Ngagul, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Kode Pos 59112 .

Lokasi Kuliner di Jln. Kolonel Sunandar ini disajikan oleh Gadis Belia yang baru berumur 21 tahun yang menekuni kuliner Nasi Gandul khas Pati tersebut. Namanya “Nasi Gandul Mbak Nurul” dan rasanya dijamin akan ketagihan karena kelezatannya.

Menyingung Kabupaten Pati, wilayah itu berada sekitar 2 jam perjalanan dari Semarang. Warga percaya, resep Nasi Gandul tidak sembarang orang bisa mengolahnya. Sebab, resep asli dari Nasi Gandul kebanyakan merupakan warisan turun temurun dari orang tua atau pendahulunya. Dan sebagian besar orang berjualan Nasi Gandul juga merupakan generasi penerus sebelumnya.

Konon katanya, resep pertama Nasi Gandul itu muncul di Desa Gajahmati. Namun hal memotivasi para pelaku kuliner di sekitar wilayah kabupaten Pati sendiri.

ads

Menurut Mbak Nurul, Nasi Gandul merupakan makanan berkuah yang warnanya merah kecoklatan. Saat disajikan, pembeli akan diminta untuk memilih daging jenis apa yang akan digunakan untuk pelengkap. Mulai dari jeroan sapi, daging, hingga lidah sapi menjadi menu pelengkapnya. Belum lagi tempe, pregedel yang menembah citra rasa warungnya.

”Kami sajikan untuk kepuasan konsumen yang ingin memanjakan selera, harganya pun cukup ekonomis. Rata-rata 20 ribu tergantung menu lauknya,” terang Mbak Nurul.

“Disamping itu, penyajian Nasi Gandul selalu menggunakan selembar daun pisang. Fungsinya untuk menetralisir panas dari masakan agar lebih nikmat saat disajikan. belum lagi sajian tempe yang saat digigit. Tempe dan nasi gandul ini bertekstur lebih keras jika di banding tempe pada umumnya. Namun, saat dikunyah menjadi pecah dan mudah untuk dicerna,” tambahnya.

Untuk pembaca, jangan lupa kalau anda tengah berliburan di kawasan Pantura, wilayah Pati atau hanya melintas di sekitar jalan tersebut, jangan lewatkan untuk menikmati Nasi Gandul di Jln. Kolonel Sunandar No 60 Ngagul, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. (Arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!