- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Ribuan botol minuman keras (miras) dari berbagai merk hasil sitaan selama bulan Ramadhan 1.440 Hijriyah dimusnahkan oleh Polres Purworejo di Jalan Proklamasi atau depan kantor Bupati Purworejo. Tindakan tersebut dilakukan untuk memberikan penegasan bahwa aparat kepolisian serius dalam memberantas miras di Kabupaten Purworejo.

“Pemusnahan tersebut dilakukan untuk menciptakan kondisi aman menjelang lebaran 2019, karena miras sering menjadi pemicu aksi kejahatan dan kecelakaan sehingga perlu penanganan serius,” kata Kapolres Purworejo, AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, SH.SIK. MM, usai apel gelar pasukan operasi candi 2019 di Alun-alun Purworejo, Selasa 28 Mei 2019 sore.

Sebanyak 5180 botol berisi minuman beralkohol yang dimusnahkan menggunakan alat berat tersebut merupakan hasil operasi cipta kondisi dalam rangka menyambut perayaan idul fitri 1440 H tahun 2019. Adapun jenis miras yang dimusnahkan kebanyakan merupakan miras jenis lokal.

Ribuan botol miras tersebut didapat dari warung-warung yang ada di Purworejo selama bulan ramadhon. Untuk para penjual miras yang terjaring razia sementara diberikan sanksi tindak pidana ringan. “Masih marak penjual miras terutama yang oplosan yang dijual di warung-warung. Kita lakukan operasi terus menerus hingga Purworejo bersih dari miras,” ujar Indra.

ads

Kapolres juga sudah memerintahkan jajarannya untuk selalu waspada terhadap kejahatan atau kriminalitas lainnya, serta waspada terhadap pergerakan teroris. Kepolisian telah memetakan potensi kejahatan yang bisa muncul dalam momen saat lebaran. Kejahatan konvensional, terorisme, intoleransi, atau kecelakaan dan lain-lainnya.

Untuk titik rawan kecelakaan, lanjut Kapolres, jalur selatan adalah salah satu jalur yang rawan terjadinya kecelakan, karena jalur selatan ini lurus dan bagus. Selain itu, minimnya penerangan jalan di jalaur tersebut bisa meyebabkan kecelakaan dan kriminal.

Untuk mengantisipasi hal itu, polres purworejo telah membangun 5 pospam, 2 pos pantau, yang tersebar di beberapa titik. “Besok Polisi akan menjaga ketertiban bagi masyarakat yang merayakan idul fitri. Silakan rayakan lebaran dengan aman dan nyaman, kami siap menjaga,” katanya.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!