- iklan atas berita -

Metro Times (Yogyakarta) Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dan Pendidikan Dasar (Diksar) Saka Wira Kartika Kodim 0734/Yka merupakan sarana pembinaan generasi muda yang mampu membangkitkan kembali semangat kebersamaan dan menumbuhkan semangat bela negara sejak dini.

Demikian penyampaian Komandan Kodim 0734/Yka Kolonel Arh Zaenudin, S.H., M. Hum terkait kegiatan Persami dan Diksar Saka Wira Kartika yang digelar di Lapangan Makodim 0734/Yka, Sabtu (23/11/2019) yang lalu.

Dirinya berharap segenap anggota Pramuka sekaligus sebagai generasi penerus perjuangan bangsa harus siap untuk menyongsong masa depamn dengan berperan aktif, kreatif dan inovatif di semua sisi pembangunan bangsa.

Disisi lain melalui saka wira kartika, terus kita bangun soliditas dan semangat toleransi dalam perbedaan.

“Mari kita pupuk semangat kerbersamaan dan bangkitkan semangat juang bela negara dengan mengesampingkan perbedaan-perbedaan yang ada, serta tumbuhkan saling pengertian untuk mencapai satu tujuan”, imbuhnya.

ads

Sementara itu, Kepala Staf Kodim 0734/Yka Letnan Kolonel Arh Tjatur Supriyono, S.Si., M.sc., saat membuka acara menyampaikan kegiatan ini pada dasarnya merupakan sebuah implementasi dari program kegiatan kepramukaan dilingkungan TNI AD. Dengan berdirinya Saka Wira Kartika maka dimulainya era baru keikutsertaan TNI AD dalam memajukan gerakan pramuka secara nasional khususnya di wilayah Kodim 0734/Yka. Saka Wira Kartika merupakan salah satu wadah pembinaan generasi muda berbasis pada Nasionalisme, Cinta Tanah Air atau semangat pantang menyerah dan rela berkorban demi bela negara.

Kegiatan yang diikuti 100 anggota Saka Wira Kartika dari berbagai SMA dan SMK se-Kota Yogyakarta itu mengusung tema, “TNI AD Melalui Pembinaan Kepramukaan Saka Wira Kartika Siap Membina dan Membentuk Generasi Muda Bangsa Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan Serta Berjiwa Kesatria Guna Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dan Mempererat Ke-Bhinekaan Tunggal Ika-an Demi Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Adapun materi yang akan diberikan meliputi pengenalan Saka Wira Kartika, navigasi darat, PBB, teknik mendirikan tenda, pengenalan jemparing, outbond serta yel-yel dari masing-masing peserta. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!