- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) TNI Angkatan Laut. Speed boat INARISSA yang mengalami kecelakaan laut di Selat Haruku perairan Pulau Ambon dekat Pulau Pombo. Lantamal IX terjunkan Kal Panana III-913 dan Sea Rider untuk mengevakuasi penumpang menuju Pelabuhan Tulehu Maluku Tengah. Senin, (20/12/2021).

Seluruh penumpang dapat dievakuasi dan saat ini berada di pelabuhan Tulehu, satu korban meninggal dunia atas nama Sedek Sosal, 60 tahun, Islam, Pek. Tani, Alamat Desa Latu Sementara berada di RS. Ishak Umarella dan sebanyak 6 orang sementara di rawat di RS. Ishak Umarella Tulehu Ambon.

Sebelumnya didapatkan informasi satu unit kapal penumpang dari Kamarian Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat (Pulau Seram), Senin tanggal 20 Desember 2021 sekitar Pukul 08.20 WIT, telah terjadi laka laut di Selat Haruku, perairan Pulau Ambon (posisi 03°31’004″ S – 128°22’288″ T) menimpa speed boat INARISSA. Setelah mendapatkan informasi tersebut Komandan KAL Panana III-913 Kapten Laut (P) Besar Agung Wibawanto segera melaksanakan koordinasi dan langsung bergerak menuju Pulau Pombo bersama Sea Rider untuk melaksanakan evakuasi penumpang dan kapal.

Menurut keterangan saksi atas nama Clara Putirulan, 17 Th, mahasiswa, alamat Batugajah kota Ambon menyampaikan pukul 07.00 wit, Speed Boat INARISSA bertolak dari Pelabuhan Kamarian dengan mengangkut Penumpang sebanyak lebih kurang 60 orang penumpang, 5 orang ABK dan 3 unit spd motor, serta barang penumpang yang akan menuju Desa Tulehu.

Sekitar Pukul 08.20 wit, speed boat INARISSA mendekat P. Pombo dan mendapati gelombang laut akibat cuaca dan mengalami oleng dikarenakan gelombang yang mengakibatkan speed boat oleng ke kanan dan penumpang panik, yang mengakibatkan speed miring ke kanan, sehingga beberapa orang penumpang langsung melompat ke laut.

ads

Unsur-unsur yang turut membantu evakuasi KP. BALEO POLAIR, RHIB POLAIR, Speed masyarakat Kailolo. (Dispen Lantamal IX).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!