- iklan atas berita -

 

Metro Times (Purworejo) Gelar Kreativitas Wirausaha Mahasiswa mewarnai penyelenggaraan Wisuda Sarjana ke-61 Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), Rabu (2/10). Kegiatan yang berlangsung di halaman kampus 1 UMP tersebut mendorong agar start up bisnis yang tumbuh di kalangan mahasiswa UMP dapat terus berkembang.

Terdapat sedikitnya 20 peserta dengan stand yang memamerkan hasil kreativitasnya. Mereka merupakan tim mahasiswa yang lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) Kemenristek Dikti.

“Ada 15 peserta dari mahasiswa yang lolos PKM, 4 KBMI, dan sisanya mahasiswa mahasiswa yg blm pernah berkompetisi di tingkat Belmawa Kemneristek Dikti,” kata Ir H Didik Widiyantono M Ag, Dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UMP sekaligus reviewer nasional PKM.

ads

Disebutkan, berbagai produk hasil kreativitas mahasiswa kini kian berkembang. Pemasarannya pun kian luas menjangkau luar daerah.

“Produksi sekarang masih jalan dan untuk pemasaran melalui online. Sementara memang masing-masing kelompok bergerak memasarkan sendiri, tapi ke depan kita siapkan sebuah wadah pemasaran online, marketplace, sehingga pemasarannya menjadi satu dan lebih mudah,” sebutnya.

Didik Widiyantono mengungkapkan bahwa Gelar kreativitas diagendakan menjadi event rutin, khusunya setiap wisuda. Selain mendorong peserta untuk berkembang, kegiatan ini sekaligus memotivasi para sarjana baru untuk dapat berwiausaha.

“Kami berharap mahasiswa bisa menuruskan strat up bisnis yang sudah dijalankan sehingga berlanjut ke level yang lebih tinggi. Ada beberapa rangkaian program yang difasilitasi Ditjen Belmawa bidang wirausaha, dan bisa mereka ikuti,” ungkapnya.

Diketahui, Wisuda Sarjana ke-61 UMO tahun 2019 ini cukup istimewa. Dari total 426 lulusan yang diwisuda, 100 di antaranya meraih predikat cumlaude.

Prosesi wisuda digelar dalam rangkaian Rapat Senat Terbuka di Auditorium Kasman Singodimedjo. Sebanyak 426 wisudawan tersebut terdiri atas 288 perempuan dan 138 laki-laki dari 12 Prodi.

Rektor UMP, Dr Rofiq Nurhadi MAg, berharap agar wisudawan yang baru saja menyandang gelar sarjana dapat menyesuaikan diri dalam menghadapi tantangan era Revolusi Industri 4.0. Tidak hanya mampu bekerja di perusahaan atau instansi lainnya, lulusan UMP juga harus memiliki jiwa kewirausahaan untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan memanfaatkan peluang yang muncul dari Revolusi Industri 4.0.

Pihaknya juga berpesan agar seluruh lulusan UMP tidak pernah berhenti belajar dan menuntut ilmu.

“Sarjana lulusan UMP harus menunjukkan sikap seorang intelektual yang memiliki moral dan etika luhur serta religiusitas tinggi yang mencerminkan akhlakul karimah sesuai dengan visi UMP yaitu Unggul dalam Ilmu, Mulia dalam Akhlak,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Yuli Hastuti SH berharap agar para alumni UMP sebagai bagian dari kaum intelektual terpelajar, dapat mendorong tumbuhnya prakarsa dan kreativitas masyarakat untuk menyongsong semua peluang dan tantangan yang ada. Prakarsa, kreativitas dan jiwa kewirausahaan perlu terus dikembangkan, dalam menghadapi persaingan dan tantangan yang semakin berat.

“Saudara hendaknya tidak menggantungkan masa depan dengan hanya mencari pekerjaan, namun justru membuka kesempatan kerja bagi orang lain, yang pada gilirannya akan mendukung terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!