- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Kodim 0705/Magelang saat ini sedang menggelar kegiatan TMMD Sengkuyung III Tahun 2020 yang berlokasi di Dusun Piyamanan, Desa Girikulon, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, dan di Kampung Gebalan Rt 04/II Kelurahan Jurangombo Utara, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang.

Sasaran kegiatan TMMD di Desa Girikulon antara lain pembuatan cor blok jalan sepanjang 150 meter dengan lebar 2 meter serta ketebalan 10 centimeter dilanjutkan dengan pembuatan cor blok jalan sepanjang 440 meter dengan lebar 4 meter dan tebal 10 centimeter, yang saat ini pengerjaannya sudah mencapai 80%, Rabu (14/10).

Sedangkan sasaran fisik TMMD di Kota Magelang adalah melaksanakan pembuatan talud dengan tiga jenis talud dengan panjang total hampir 40 meter yang berlokasi di Kampung Gebalan Rt 04/II Kelurahan Jurangombo Utara, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi kegiatan fisik, merehabilitasi sarana dan prasarana yang rusak di daerah yang tertimpa bencana alam, meningkatkan sarana prasarana wilayah yang berada di pedesaan berupa infrastruktur, fasilitas umum dan sosial sedangkan kegiatan non fisik, meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara di kalangan masyarakat, kesadaran Bela Negara, penegakan hukum, disiplin nasional dan pengetahuan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan, seperti keluarga berencana, kesehatan, pertanian, peternakan, perikanan, dan lain-lain melalui penyuluhan atau kegiatan lainnya yang sifatnya memberikan pencerahan dan penguatan jatidiri bangsa.

ads

Dengan dukungan TMMD untuk kegiatan fisik dan non fisik dari APB Pemda setempat, berupa dana hibah. Sedangkan dukungan pergeseran, kodal, makan dan uang saku pasukan TNI menggunakan APBN. Dukungan masyarakat dalam pelaksanaan TMMD di masing-masing daerah dalam bentuk tenaga secara bergiliran. Selain itu sebagian masyarakat merelakan sebagian tanahya untuk pembuatan dan pelebaran jalan dan lainnya. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!