- iklan atas berita -

Metro Times (Semarang) Penguatan nasionalisme dikalangan generasi muda harus terus digalakkan. Untuk menjawab hal tersebut diperlukan sebuah wadah atau lembaga yang secara khusus fokus untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan di kalangan generasi muda, utamanya para pelajar. Untuk menjawab hal tersebut, Dr Drs Budiyano SH MHum bersama sejumlah tokoh dan akademisi seperti Drs Tijan MSi, Nanik Pujowati MPd, dan Dr Hari Wuljanto MSi mendirikan Yayasan Aku Bangga Indonesia Tanah Airku (ABITA). Hari ini, Selasa 27 Oktober 2020 lembaga tersebut akan dideklarasikan di Hotel Candi Indah Semarang.

Pendiri dan Pembina Yayasan ABITA Dr Drs Budiyano SH MHum mengatakan sejatinya  tanggung jawab mewujudkan cita-cita itu adalah taggung jawab bersama seluruh anak bangsa, namun belakangan ini muncul fenomena-fenomena dan gerakan-gerakan di masyarakat yang menggerus nilai-nilai nasionalisme.
“Kalau hal itu dibiarkan akan menghambat upaya-upaya mewujudkan cita-cita nasional, karena itulah kami bersama beberapa teman menghadirkan ABITA untuk mengawal perjalanan bangsa ini agar upaya mewujudkan cita-cita nasional itu berjalan lancar,” ujar Dr Drs Budiyano SH MHum di Semarang, Senin (26/10).

Ketua Dewan Pendidikan Kota Semarang itu menjelaskan, yayasan ABITA didirikan di Kota Semarang pada hari Rabu 9 September 2020 berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor AHU 0015302.AH0104 tanggal 9 September 2020 sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan dan akan dideklarasikan di Hotel Candi Indah Semarang, Selasa (27/10).

Yayasan ABITA, kata dia, berkedudukan di Kota Semarang, berasaskan Pancasila dan sasaranya adalah seluruh masyarakat Indonesia terutama generasi muda. Sedangkan visinya adalah mewujudkan ABITA sebagai institusi sosial untuk menguatkan nasionalisme dan karakter bangsa Indonesia. “Misi ABITA meliputi membina anak bangsa menjadi kader bangsa yang bangga, cinta dan bela Indonesia, memperkokoh wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, menguatkan toleransi keberagaman untuk persatuan bangsa, membangun sumber daya manusia berkualitas yang nasionalis dan berkarakter bangsa serta memberdayakan potensi masyarakat untuk kemandirian bangsa,” urainya

Ketua Umum DPP IKA Unnes melanjutkan, adapun tujuan ABITA adalah membina nasionalisme Indonesia dan pendidikan karakter dalam rangka menguatkan kebanggaan dan kecintaan terhadap tanah air, memantapkan wawasan kebangsaan generasi muda dalam rangka memperkokoh ketahanan bangsa.

ads

Selain itu, kata dia, hadirnya ABITA adalah untuk menguatkan toleransi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dalam rangka persatuan dan kesatuan bangsa, membangun sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas didasari kebanggaan dan kecintaan terhadap tanah air dan memberdayakan potensi masyarakat menuju kemandirian bangsa.
“Sedangkan asas Yayasan ABITA adalah Pancasila. Sasarannya adalah seluruh masyarakat Indonesia terutama generasi muda,” tuturnya.

Dr. Budiyanto menambahkan, ABITA sebagai institusi sosial ingin melaksanakan berbagai program dan kegiatan dalam rangka penguatan nasionalisme dan karakter bangsa Indonesia yang bersifat mandiri. Upaya tersebut diarahkan untuk membangun kebanggaan dan kecintaan terhadap bangsa dan negara Indonesia, membina generasi muda terhadap semangat juang (patriotisme) dan cinta tanah air (nasionalisme), untuk memupuk persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu, lanjutnya, juga memantapkan wawasan kebangsaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
“Setelah resmi launching, akan dilaksanakan konsolidasi yaitu pembentukan kepengurusan ABITA baik di tingkat provinsi, kota/kabupaten, perwakilan luar negeri dan komunitas ABITA,” pungkasnya. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!