- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Yuli Hastuti SH bersama sejumlah pimpinan OPD turun langsung ke beberapa desa di wilayah Kecamatan Kaligesing dan Loano, Selasa (19/11). Kunjungan tersebut dilakukan untuk mengetahui dan memastikan anggaran yang dikelola desa dapat terserap tepat sasaran serta sesuai perencanaan.

Terlebih, saat ini telah masuk pertengahan November dan tinggal beberapa minggu lagi tahun anggaran 2019 berakhir.

Secara maraton, Wabup berserta rombongan mendatangi 8 titik. Enam desa di Kecamatan Kaligesing, yakni Desa Tlogoguwo, Pandanrejo, Tawangsari, Tlogobulu, Sumowono, dan Ngadirejo Kecamatan Kaligesing. Selanjutnya 2 desa di Kecamatan Loano, yakni Desa Tridadi dan Banyuasin Kembaran.

Turut mendampingi antara lain Staf Ahli Bupati Eny Sudiyati, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Agus Ari Setiyadi, Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dr Kuswantoro, Kepala Bagian Humas dan Protokol Rita Purnama. Tampak pula perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, dan Bagian Pemerintahan.

Selain mencermati soal penyerapan anggaran, Wabup juga melihat sejumlah sarana dan prasarana di desa yang dikunjungi sekaligus menampung kendala dan permasalahan yang dihadapi desa. Jika memang ada kendala atau persoalan, nantinya akan ditindaklanjuti oleh OPD terkait yang turut ikut dalam rombongan.

ads

Pada kesempatan itu, Wabup melihat kondisi bangunan pertemuan beberapa desa dinilai kurang laik. Beberapa bangunan berusia tua dan terdapat kerusakan di beberapa bagian. Dirinya meminta agar desa dapat menganggarkan perbaikan atau pembangunan gedung dari anggaran desa.

Wabup juga mendapatkan masukan terkait usulan perbaikan jalan poros desa. Pihaknya lalu memerintahkan dinas terkait untuk mengkaji, apakah dapat diusulkan perbaikan jalan poros desa itu dari dana hibah dari kabupaten atau provinsi.

“Mudah-mudahan dengan kedatangan saya kesini dapat menyambung silaturahmi. Selain itu juga untuk mengetahui jika ada kesulitan, kalau misal ada, akan ditindaklanjuti dinas terkait,” kata Wabup.

Lebih lajut pihaknya melihat bahwa peningkatan jalan di wilayah Kaligesing dan Loano sangat penting. Keberadaan proyek nasional Badan Otorita Borobudur (BOB) di Kecamatan Loano akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

“Di sini kita harus siap menyambut. Saya melihat akses jalannya sudah bagus, tapi memang ada yang masih perlu diperbaiki. Semoga ini bisa tertangani,” ungkapnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!