- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Sersan Dua Jas/W Angela Patrisia Vanya berhasil menorehkan prestasi yang sangat membanggakan dalam pelaksanaan Kejurnas Finswiming yang digelar di Jakarta. Walaupun usianya masih sangat muda, prajurit siswa Dikmaba angkatan ke 38/1 tersebut berhasil meraih medali emas di nomor 4×100 m relay bifins putri dan medali perak di nomor perlombaan jarak 6.000 m.

Selain itu, dara kelahiran Kota Hujan Bogor, 29 Desember 2000 tersebut juga meraih peringkat ke-4 dalam nomor finswiming kolam dalam ajang yang sama. “saya sangat surprise dengan prestasi ini, karena dalam ajang Kejurnas yang digelar akhir bulan April itu, atlet-atlet yang ikut lebih senior dan berpengalaman,” ujar Serda Angela Patrisia saat ditemui di Pusdikbanmin.

Saat ini, putri dari pasangan Hilarius Subagio dan Sisilia Silce tengah menempuh Pendidikan Dasar Golongan (Dirsargolan) di Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Dotrin, Pendidikan dan Latihan (Kodiklatal), Bumimoro, Surabaya.

Sempat menekuni olehraga karate saat di Sekolah Dasar, Angela akhirnya menggeluti olah raga renang dan finswiming yang dikenalkan oleh kedua orang tuanya. Tidak perlu memakan waktu cukup lama, dengan kerja keras dan dorongan motivasi dari kedua orang tuanya dan kaka nya ,Angela yang saat itu kelas enam SD berhasil meraih medali dalam cabang olah raga finswiming nomor 200 meter surface.

ads

Pada tahun 2014 Patricia mengikuti babak kualifikasi Porda Jabar dan berhasil lolos untuk mengikuti Porda Jabar. Bahkan menjadi peserta termuda dalam event tersebut. “Pada saat Porda itu, saya berpikir, ini adalah merupakan kesempatan yang sangat luar biasa dan awal dimana saya harus bekerja keras untuk menjadi juara.”

Walaupun lawan yang harus Angela hadapi usianya jauh di atasnya dan memiliki pengalaman bertanding yang cukup tinggi, tidak menyurutkan semangat Angela. Kedua orang tuanya selalu mendukung dan memberikan motivasi baik saat latihan maupun saat bertanding dan kaka nya yang tak pernah lupa selalu mengingatkan Angela untuk selalu berdoa dan menyerahkan hasilnya kepada Tuhan. “Pada saat pelaksanakan Porda Jabar 2014 kami meraih 2 medali perunggu dan mengalahkan beberapa senior,” ujarnya.

Atas prestasi tersebut, Angela akhirnya mendapat kepercayaan untuk memperkuat Kontingen Jabar dalam pagelaran PON Jabar 2016. “Saya mendapat 2 medali perunggu nomor perlombaan 50 m bifins putri dan 4×100 m relay bifins putri. Bukan hanya medali perunggu yang saya dapatkan, tetapi pengalaman akan proses yang tidak akan pernah saya lupakan,” ujarnya.

Setelah lulus SMA, Angela mencoba daftar Dikmaba TNI Angkatan Laut. Dengan berbekal segudang prestasi dalam olahraga Finswiming, Anggela berhasil lolos dari perekrutan Caba Atlet. “Saya pun masuk Bintara angkatan laut melampirkam piagam prestasi-prestasi saya dan Angkatan Laut menerimanya,” ujarnya.

Sebelum mengikuti seleksi Dikmaba,Angela mengikuti seleksi kejuaraan dunia di Serbia,Belgrade dan berhasil lolos.Tetapi Angela akhirnya tidak dapat mengikuti kejuaraan dunia karena dalam waktu yang bersamaan sedang mengikuti Seleksi Dikmaba TNI AL tingkat pusat di Lapetal, Malang.

Selama mengikuti pendidikan militer, Angela tidak dapat melaksanakan latihan seperti sebelumnya karena wajib mengikuti pendidikan dasar kemiliteran di Puslatdiksarmil, Juanda, Sidoarjo. “Setelah pelantikan, kami sangat bersyukur karena mendapat kejuruan JAS yang tentunya searah dengan prestasi yang saya miliki,” ujarnya.

Untuk perlombaan nomor laut, kami meraih medali perak di nomor perlombaan jarak 6000 m. Angela sangat tidak menyangka dapat meraih medali saat kejurnas tersebut. Latihan yang dia jalani selama pendidikan militer masih kurang optimal dan belum rutin. “Tetapi pembinaan fisik yang saya laksanakan selama pendidikan di Kodiklatal meningkatkan ketahanan tubuh saya, sehingga kami bisa bertahan di nomor perlombaan jarak 6000 m,” ujarnya.

Moto dari kedua orang tuanya, “usaha tidak akan mengkhianati hasil” selalu memotivasi Agela dalam setiap mengikuti pemusatan latihan (TC) sampai akhirnya dia mengikuti Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan 38 Gelombang I tahun 2018.

“Saya mengucapkam terima kasih kepada Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto, Dankodikum Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subhan, Danpusdikbanmin, Komandan sekolah, para bingsis dan Lichting Dikmaba Angkatan 38/1 yang selalu mendukung saya untuk berprestasi dan siap membela Angkatan Laut di cabang olahraga finswimmimg,” ujarnya menutup perbincangan.(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!