- iklan atas berita -

METRO TIMES (AMBON ) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon menggelar Rapat Terbuka Luar Biasa Senat, dalam rangka Wisuda Sarjana, Profesi dan Doktor periode Agustus Tahun 2021, berlangsung di Auditorium kampus, Selasa, (31/8/2021).

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Unpatti Nomor 1307/UN13/SK/2021 tentang Wisuda Sarjana, Profesi, Magister dan Doktor di periode Agustus kali ini, Unpatti meluluskan 1.056 wisudawan terdiri dari 943 sarjana, 4 profesi Dokter, 106 Magister, 3 lulusan Doktor.

Pada kesempatan ini, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno, mengatasnamakan pemerintah daerah Maluku menyampaikan selamat dan memberikan apresiasi kepada para wisudawan. Tambahan gelar akademik yang diperoleh merupakan tanggung jawab besar.

“Saya berharap, para wisudawan tidak cepat berpuas diri dengan yang telah dicapai hari ini. Terus belajar mengasah kemampuan diri, karena saudara akan memasuki dunia kerja yang penuh tantangan,” kata Wagub.

Menurutnya, potensi sumber daya alam (SDA) Maluku saat ini, belum sepenuhnya dikelola secara maksimal untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Wagub lalu mengajak perguruan tinggi di Maluku, untuk dapat mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar mampu mengelola dan memanfaatkan potensi SDA untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

ads

“Perjuangan pemerintah daerah dan masyarakat Maluku masih sangat panjang. Butuh kerja keras dari semua anak negeri tanpa terkecuali. Target kita harus jelas bahwa diatas kelimpahan SDA yang melimpah, kita mesti menjadi tuan di negeri sendiri,” ujar Wagub.

Atas dasar itu, lanjut Wagub, persiapan SDM yang berkualitas perlu dipersiapkan agar dapat bersaing dalam dinamika pembangunan nasional. Kerinduannya sebagai kepala daerah yaitu ingin menyaksikan generasi muda Maluku mampu bersaing dalam tantangan dunia kerja seperti pengembangan Blok Masela, Pengembangan Maluku sebagai LIN dan berbagai program prioritas nasional lainnya di Maluku.

“Kiranya, bentangan karya kedepan akan semakin diperkaya dengan prestasi membaggakan, terutama dalam meningkatkan kualitas SDM sebagai kontribusi Unpatti Ambon dalam membangun Maluku yang cerdas dan berkualitas,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Rektor Unpatti M.J Saptenno mengingatkan kepada para wisudawan agar seluruh tindakan, langkah hidup maupun cara berbicara, mestinya menunjukkan seorang sarjana. Setelah di wisuda hari ini, para wisudawan diharapkan mampu menjadi intelektual yang melakukan perubahan di dalam masyarakat.

“Tanpa itu, masyarakat akan mempertanyakan eksistensi wisudawan sebagai sarjana,” ingatnya.

Hadir dalam acara ini, Plh Sekda Maluku Sadali Ie, Rektor Unpatti M. J. Saptenno, Senat Guru Besar Unpatti, Pembantu Rektor, Dekan dan para orang tua wali dan lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!