Usai Santap Makanan, 31 Siswa Keracunan

0
291
- iklan atas berita -

Metro Times (Kendal) Usai menyantap snack yang disediakan pihak sekolah dengan memesan dari pihak ke 3, sebanyak 31 Anak dari 420 siswa MI Muhamadiyah Pagersari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal mengalami gejala keracunan, senin (23/9/2019). Demikian disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal Muntoha, SKM, M.Kes di sela – sela Sosialisasi dan Advokasi Program Filariasis dan Kecacingan, Rabu (25/9/2019) di Ruang Abdi Praja Setda Kendal.

 

Peristiwa tersebut terjadi hari senin kemarin sekitar pukul 09.00 WIB, semua siswa MI mengkonsumsi snack atau makanan ringan yg disediakan dari pihak sekolah dengan memesan ke pihak ke-3 berupa pisang coklat dan lumpia.

 

“Beberapa siswa mengalami muntah di sekolah setelah beberapa jam mengkonsumsi snack,” kata Muntoha.

ads

 

Selain itu ada pula siswa yang muntah pada sore hari maupun keeesokan harinya.

 

“Terpantau ada 31 siswa dari 420 siswa mengalami gejala muntah, mual, sakit perut dan pusing usai mengkonsumsi makanan di sekolah,” jelasnya.

 

Selanjutnya Puskesmas terdekat setelah dihubungi langsung bergerak cepat dengan menerjunkan Sanitarian, Bidan dan pet P2 mendatangi lokasi untuk melakukan tindakan pengobatan dan pemantauan, mengambil data dan mengamankan sisa makanan untuk diperiksa di laboratorium.

 

Selanjutnya Tim dari Puskesmas melakukan koordinasi dan wawancara langsung dengan pihak Sekolah untuk memeriksa silang kronologis kejadian kemudian melaporkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal.

 

Kondisi ke 31 siswa tidak ada yang membutuhkan rawat inap di rumah sakit atau Puskesmas. Masing – masing siswa kondisinya semakin membaik usai menjalani perawatan medis.

 

Siang itu juga Tim Gerak Cepat ( TGC ) Dinas kesehatan Kabupaten Kendal yang terdiri dari M. Faisol, SKM – Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Neneng Fitria, S.Kep.,Ners – Staf Seksi Surveilans dan Imunisasi dan Anita Yuliani, SKM – Staf Farbekes Dinkes turun ke lokasi kejadian didampingi Petugas UPTD Puskesmas Patean.

 

Tim Gerak Cepat yang dibentuk Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal merupakan tim yang melakukan gerak cepat atas kejadian-kejadian terkait kesehatan dan masalah kesehatan termasuk bencana alam.

 

Diketahui TGC dimaksudkan utk memastikan kebenaran informasi, menentukan lokasi kejadian, mengidentifasi indek kasus dan mencari kasus tambahan serta menghitung dan mengukur besaran masalah untuk selanjutnya menentukan tindakan yg harus dilakukan. (Gus)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!