- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Beberapa bulan yang lalu, di wilayah Jurang Jero yang masuk wilayah Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (masuk wilayah Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang) mengalami kebakaran hutan yang sangat dasyat. Tepatnya meliputi Blok Gentong, RPTN Srumbung, dan SPTN Wilayah I Kecamatan Srumbung.

Untuk tetap melestarikan ekosistem di wilayah Taman Nasional Gunung Merapi, tepatnya pada hari ini telah dilaksanakan ‘Penanaman Pohon Pasca Kebakaran Hutan di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi’ yang bertepatan dengan Bulan Menanam Pohon Indonesia 2019, Minggu (22/12).

Dalam penanaman pohon ini, dihadiri langsung oleh anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Vita Ervina, S.E., M.B.A, Anggota Komisi IV dan Badan Legislatif (Baleg) DPR RI dari Dapil Jateng 6, TNI, Polri, BPBD Kabupaten Magelang, DLH, PMH, PLS, Pokwis, KNPI, Ormas PP Kabupaten Magelang, dan beberapa relawan lainnya.

Vita Ervina, S.E., M.B.A, yang hadir secara langsung sangat mengapresiasi dengan kegiatan penanaman pohon di lereng Gunung Merapi ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif sekali, karena hutan yang terjaga kelestariannya akan mendorong potensi lain. Salah satunya Kawasan Wisata Jurang Jero yang sedang di kembangkan oleh Balai TNGM ini.

“Guna mengatasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia yang terjadi secara terus menerus, kami anggota DPR RI khususnya Komisi IV bersama dengan Pemerintah mendorong RUU Pencegahan Kebakaran dan Perusakan Hutan untuk segera dilakukan pembahasan,” terang Vita Ervina.

ads

“Selain itu, kami dari Fraksi PDI Perjuangan secara khusus mendorong RUU Konservasi Keanekaragaman Hayati guna melindungi keberlangsungan keanekaragaman hayati dan ekosistem,” tambahnya.

Sementara Ketua Ormas MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Magelang, Herwan Santoso merasa terpanggil dengan adanya penanaman pohon ini. Pihaknya akan selalu bersinergi dengan seluruh Instansi yang berada di Kabupaten Magelang, dan tentunya untuk kemajuan dan kesejahteraan Kabupaten Magelang.

“Melalui ‘Penanaman Pohon Pasca Kebakaran di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi’ mari kita saling bersinergi, khususnya dalam menjaga lingkungan, hutan, dan alam sekitar,” jelasnya.

Sedangkan Ketua KNPI Kota Magelang, Riza Fajar Budiono, yang juga hadir dan ikut dalam penanaman pohon ini, mengajak kepada masyarakat Magelang dan Indonesia untuk selalu menjaga dan merawat alam yang berada di Ibu Pertiwi Indonesia. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!