- iklan atas berita -

Metro Times (Sidoarjo) – Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan latihan Angkatan laut (wadan Kodiklatal) Laksma TNI B. Ken Tri Basuki, M.Si., (Han),CHRMP mewakili Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto membuka Pendidikan Pertama Bintara Prajurit Karier (Dikmaba PK) TNI AL Angkatan ke-39 Ta 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Samudera Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Juanda Sidoarjo.

Pembukaan Pendidikan bintara yang berasal dari masyarakat umum tersebut diikuti 585 siswa dengan rincian 495 siswa Pria dan 90 orang lainya adalah siswa Wanita. Hadir dalam pembukaan tersebut Direktur Pendidikan dan latihan (Didiklat) Kodiklatal, Direktur Doktrin (Dirdok), Komandan Puspenerbal dan para Paban dilingkungan Kodiklatal.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodiklatal Laksma TNI B. Ken Tri Basuki, M.Si., (Han),CHRMP mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa yang masuk dalam pendidikan Dikmaba ini, sekaligus ucapan terima kasih dan rasa bangganya terhadap pilihan para siswa untuk bergabung dengan kami sebagai prajurit TNI AL pengawal samudera penegak kedaulatan NKRI.

Menurutnya sebagai Komandan Kodiklatal dirinya bangga kepada para siswa yang telah memilih tni al sebagai pengabdian pada bangsa dan negara, maka para siswa juga harus bangga telah lolos melewati semua seleksi penerimaan mulai tingkat daerah hingga pantukhir di tingkat pusat. Namun, kebanggaan tersebut harus diimbangi dengan melaksanakan pendidikan sebaik-baiknya, karena sejak saat ini secara resmi para siswa telah menjadi bagian dari keluarga besar prajurit tni al yang harus tunduk dan patuh pada setiap peraturan dan tata tertib sebagai siswa yang akan dididik dan ditingkatkan kemampuannya menjadi prajurit tni al yang tanggap, tanggon dan trengginas.

ads

Adapun pendidikan ini secara keseluruhan akan dilaksanakan selama 11 bulan yang terbagi dalam 3 tahap. Pendidikan dasar keprajuritan, pendidikan dasar golongan dan pendidikan dasar golongan lanjutan. Setelah berhasil menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan di Puslatdiksarmil Kodiklatal, para siswa akan dilantik dan diambil sumpah prajurit sebagai bintara tni al yang berhak atas pangkat sersan dua, meskipun masih berstatus siswa yang harus melanjutkan pendidikan di pusdik-pusdik ter-kait sesuai kejuruan masing-masing.

Pendidikan keprajuritan ini sangat membutuhkan fisik dan mental yang kuat karena latihan yang cukup berat sebagai upaya mengubah pribadi saudara yang semula berasal dari masyarakat umum menjadi prajurit matra laut yang mempunyai pola pikir, pola sikap dan pola tindak kultur keangkatanlautan yang diwujudkan dalam bentuk naluri tempur, keteladanan, dan integritas pribadi yang militan dilandasi nilai-nilai kejuangan yang tinggi.

Berkaitan dengan pendidikan tersebut untuk itu agar para siswa memulai belajar disiplin menaati semua peraturan yang telah ditetapkan di lembaga pendidikan ini, baik yang tertulis maupun tidak. Jangan pernah melakukan pelanggaran yang bisa membuat para siswa dikembalikan ke masyarakat. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!