- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) – Krista Exhibitions akan kembali menggelar pameran tahunan terbesar di Indonesia Timur dan Indonesia Tengah dalam industri printing dan ekonomi kreatif, berupa teknologi di bidang mesín-mesin Percetakan (Pre – Press, Press, Post – Press), Mesin Cetak/ Offset, Cetak Digital, Cetak Tekstil, Sablon, dan Jasa Cetak, dengan tema Surabaya Printing Expo (SPE) 2023, yang telah diadakan ke 16 kalinya pada tanggal 20 – 23 Juli 2023 di Grand City Surabaya.

Pada pameran kali ini akan melibatkan lebih dari 150 peserta baik dari lokal maupun internasional antara lain dari negara China, Jepang, Malaysia, Singapore dan Taiwan dengan target 15.000 pengunjung lokal maupun internasional.

Chief Executive Officer (CEO) Krista Exhibitions, Daud D Salim dalam
sambutannya di Konferensi Pers Surabaya Printing Expo (SPE) 2023 di Grand City, Surabaya mengungkapkan bahwa “Tahun 2023 ini peserta pameran Surabaya Printing Expo ( SPE) 2023 meningkat 25% dari tahun sebelumnya.

“Pameran ini merupakan suatu peluang yang baik bagi para pengusaha grafika agar lebih termotivasi untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk-produk unggulan dengan mesin berteknologi canggih dan mempunyai daya saing yang tinggi dengan produk produk luar negeri “ ungkap Daud D Salim.

ads
Yudi Ariyanto, Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur

Sementara Yudi Ariyanto, Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, mengatakan, Jawa Timur ini mempunyai kontribusi sangat besar terhadap perekonomian nasional.

Triwulan 1 di 2023 ini, ia melanjutkan, ekonomi Jawa Timur tumbuh 4,95%, ini hampir mendekati periode sebelum Covid, artinya sempat mengalami kontraksi periode Covid relatif tumbuh di tahun ini dengan adanya persiapan pesta demokrasi dan harapannya pertumbuhannya tinggi lagi.

“Sektor Industri ini menjadi sektor yang sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi Jawa Timur. Oleh karena itu kami dari pemerintah provinsi Jawa Timur senantiasa mendukung berbagai event yang dilakukan oleh berbagai pihak. Utamanya pada hari ini Krista Exhibitions yang sudah kesekian kalinya melaksankan upaya untuk menumbuhkan ekonomi Jawa Timur dengan berbagi event yang sudah dilakukan,” jelasnya.

Kalau melihat data memang cukup banyak industri percetakan yang ada di data BPS, kalau mengutip dari data tersebut ada 4475 industri, baik itu industri besar, menengah maupun kecil di dunia percetakan yang ada di Jawa Timur.

” Kita patut berbangga karena pada periode Juni 2023 purcesing manager indeks untuk Indonesia itu sudah menjadi 52,5% ini lebih tinggi dari periode Januari 2023 yang masih 51%. Artinya pertumbuhan sektor industri ini semakin lama semakin menggembirakan. Dan kalau kita melihat data, memang import di Jawa Timur itu 77% nya untuk impor bahan baku dan bahan penolong. Kemudian 6% nya barang modal termasuk mesin dan 16% nya untuk konsumsi,” ujarnya.

” Jadi dengan didatangkannya barang-barang modal pada event ini, harapannya ini akan memberi nilai tambah yang besar bagi sektor industri pengolahan di Jawa Timur sendiri,” tandasnya.

Dan kami ingin sampaikan, di Disperindag itu ada satu unit pelayanan non teknis namanya UPT Industri Makanan Minuman dan Kemasan. Pada pameran nanti kita akan tampilkan, karena kami difasilitasi Krista Exhibitions untuk event ini. Ini adalah satu unit yang akan membantu pelaku usaha terutama yang kecil atau menengah, IKM atau UKM. Baik dari segi desain kemasan maupun percetakan kemasan.

Ia menjelaskan, Jadi untuk pelaku usaha ketika akan membangun brand baru itu karena adanya keterbatasan modal, maka mereka tidak bisa cetak banyak. Sehingga cetaknya sebatas kemampuan mereka, maka itu bisa dilakukan di UPT kami. Karena sifatnya pemerintah pelayanan, sehingga jadi mau cetak 100 – 200 tidak ada masalah. Jadi tidak ada minimum order yang besar, tapi kita tetap melayani.

Sehingga dengan desain desain kemasan yang baru itu, harapannya ketika sudah diterima pasar, bisa cetak lebih besar lagi.

“Kami dari pemerintah provinsi Jawa Timur sangat antusias menyambut event ini. Apalagi event ini diselenggarakan menjelang hajatan besar kita di Pemilu tahun 2024. Semoga acara ini bisa berlangsung dengan baik, memberi manfaat bagi perekonomian Jawa Timur, sehingga di tahun ini kita akan tumbuh lebih besar lagi, tahun depan lebih besar lagi,” pungkasnya.

Sementara Ketua Umum Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI), Ahmad Mughira Nurhani dalam sambutannya mengatakan: “Kami Pengurus dan Anggota
Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI) sangat menyambut baik dan mengapresiasi, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan siap
mendukung kegiatan yang dilakukan oleh PT Kristamedia Pratama atas penyelenggaraan pameran grafika Surabaya Printing Expo (SPE) 2023.

“Harapan kami, dengan adanya Pameran ini, para pengusaha grafika nasional dapat selalu mengupdate diri dan fasilitas peralatan mesin-mesin grafikanya serta mengambil manfaatnya untuk dapat bertambah maju dan bersaing secara sehat ditengah-tengah perkembangan ekonomi di Indonesia yang diharapkan akan semakin membaik” kata Ahmad Mughira Nurhani

Pameran Surabaya Printing Expo (SPE) 2023 ini akan menghadirkan segala jenis teknologi cetak mencetak terkini, seperti cetak digital, cetak sablon, cetak Offset, cetak garment, cetak tekstil, mesin cutting, mesin finishing, cetak 3D, label, dan tinta.

Bukan itu saja. Berbagai acara dan seminar menarik pun akan meramaikan 4 hari pameran ini.

Kesuksesan Pameran Surabaya Printing Expo (SPE) 2023 tidak
lepas dari dukungan berbagai Kementerian, Asosiasi dan Institusi. Diantaranya Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Surabaya, KADIN Provinsi Jawa Timur, KADIN Kota Surabaya, PPGI – Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia, KOPI – Komunitas Printing Indonesia, serta ASPERAPI – Asosiasi Perusahaan Pameran
Indonesia.

Pameran ini terbuka oleh pelaku bisnis dan masyarakat mulai pukul 10.00 hingga sampai pukul 19.00. Para pengunjung dapat melakukan registrasi langsung dilokasi pameran dengan membawa dua kartu nama dan undangan yang telah dikirim oleh Krista Exhibitions atau registrasi online di link :
https://register.kristaonline.com/visitor/surabayaprintingexpo

(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!