Upacara pembukaan Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) yang digelar Badko LPQ Kecamatan Kendal Kota di Kelurahan Jotang.
- iklan atas berita -

Metrotimes, Kendal – Rasa cinta pada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) ditanamkan sejak dini oleh Badan Koordinasi (Badko) Lembaga Pendidikan Al Qur’an (LPQ) Kecamatan Kendal Kota kepada pelajar TPQ. Rasa nasionalisme itu ditanamkan dengan menggelar lomba pembacaan Pancasila dan UUD 1945 pada Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) ke VI.

 

Kegiatan yang mengusung tema “Bersama TPQ kita bangun generasi hebat dan berakhlak Qur’ani yang cinta NKRI” digelar Badko LPQ Kecamatan Kendal di Kelurahan Jotang.

 

Sebanyak 1.050 pelajar Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) se-Kecamatan Kendal Kota mengadu prestasi pada FASI ke VI. Para pelajar itu akan bersaing dalam sejumlah perlombaan yang digelar sejak hari ini, Sabtu 30 Juli hingga 31 Juli 2022.

ads

 

Badko LPQ Kecamatan Kendal Kota menyiapkan sejumlah perlombaan untuk menyemarakkan digelarnya Fasi ke VI ini. Diantaranya, Lomba Pawai karnaval, Tartil Al Qur’an, Kaligrafi, Pidato Bahasa Indonesia, Puitisasi Al Qur’an, Azan dan Iqomat, Cerdas cermat Al Qur’an, Nasyid Islami, Sholat Berjamaah, Hafalan Juz ‘Amma, Kisah Islami, Mengucapkan Pancasila dan yang terakhir adalah lomba Pembacaan teks Pembukaan UUD 1945.

 

Ketua Badko LPQ Kecamatan Kendal, Pasiran mengatakan, Fasi merupakan sebuah kegiatan yang rutin digelar Badko LPQ setiap 2 tahun sekali.

 

“Dari 35 TPQ di Kecamatan Kendal wajib mengirimkan 30 pelajarnya untuk mengikuti semua perlombaan. Jumlah pelajar yang dikirim untuk ikut perlombaan tidak boleh kurang atau lebih. Aturannya demikian,” kata Pasiran di sela acara pembukaan Fasi di halaman Masjid Kelurahan Jotang, Sabtu (30/7/2022).

 

Dikatakan, Badko LPQ Kecamatan Kendal Kota yang membawahi 35 TPQ memiliki sekitar 3.300 anak didik. Ribuan anak didik itu turut menyemarakkan lomba pawai karnaval sebagai lomba yang pertama di ajang Fasi ke VI.

 

Pawai karnaval digelar dengan mengelilingi sejumlah wilayah di Kecamatan Kendal Kota seperti yang telah ditetapkan panitia.

 

“Fasi ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Badko LPQ juga berupaya menanamkan rasa cinta NKRI sedini mungkin kepada mereka,” jelasnya.

 

Sementara itu, Ketua Badko LPQ Kabupaten Kendal, Abu Suyuti sangat mengapresiasi digelarnya Fasi oleh Badko Kecamatan Kendal Kota.

 

“Fasi ini kegiatan rutin yang wajib digelar semua Badko LPQ tingkat kecamatan. Dari 20 kecamatan di Kabupaten Kendal, Kecamatan Kendal Kota ini menjadi yang pertama dalam menggelar Fasi,” kata Abu Suyuti yang juga anggota DPRD Kendal ini.

 

Dia juga menyampaikan, setiap peserta yang berhasil meraih juara akan menjadi wakil untuk bertanding diajang Fasi tingkat kabupaten. Kemudian, yang menang di tingkat kabupaten akan mewakili Kabupaten Kendal diajang tingkat provinsi.

 

“Untuk Fasi tingkat Provinsi Jawa Tengah rencananya digelar tahun 2023 mendatang,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!