Sekretaris DPRD Kendal, Anwar Haryono menyampaikan Suara Mas untuk mengoptimalkan penyerapan aspirasi dewan. Foto dok. Setwan Kendal
- iklan atas berita -

KENDAL, Metrotimes.news – DPRD Kabupaten Kendal secara resmi meluncurkan layanan penyerapan aspirasi masyarakat melalui kanal Suara Mas. Mulai sekarang, masyarakat bisa menyampaikan aspirasi kepada para wakil rakyat secara online.

Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengatakan peluncuran Suara Mas untuk mengoptimalkan penyerapan aspirasi masyarakat. Menurutnya penyerapan aspirasi merupakan salah satu instrumen anggota DPRD dalam menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat.

“Diluncurkannya Suara Mas ini sebagai salah satu wujud komitmen kami untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Melalui kanal ini, masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya secara lebih mudah melalui website,” kata Makmun di sela peluncuran Suara Mas di Ramada Suites Hotel Solo, Kamis (27/10/2022).

Selain untuk memudahkan penyampaian aspirasi masyarakat, menurut Makmun peluncuran Suara Mas untuk mendukung tata kelola pemerintahan yang lebih akuntabel dan lebih responsif dengan berbasis digital.

“Suara Mas ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mengembangkan e-government yakni layanan pemerintahan berbasis digital,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kendal, Anwar Haryono selaku penggagas Suara Mas menyampaikan idenya ini dilatarbelakangi keinginan untuk mendukung kinerja DPRD Kendal agar lebih optimal di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat.

“Aspirasi ini jembatan penting yang menjadi simbiosis mutualisme. Masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya, bagi anggota DPRD dapat membangun kepercayaan masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan, selama ini penyerapan aspirasi dilaksanakan melalui mekanisme reses atau kegiatan di luar masa sidang dewan. Selain itu, dari pihak Sekretariat DPRD Kendal juga telah menyediakan kanal aspirasi melalui website dan media sosial.

“Untuk mengoptimalkan kanal-kanal yang sudah ada itu, saya menggagas sebuah proyek perubahan (proper) terkait tata kelola penyerapan aspirasi masyarakat yang lebih mudah diakses dan masyatakat bisa memantaunya,” terangnya.

Anwar menegaskan salah satu tugas utama Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sekretariat DPRD adalah untuk mendukung kinerja para anggota dewan dalam menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat. Karena itu, Suara Mas digagas untuk memperbaiki mekanisme pengelolaan dan saluran aspirasi masyarakat dengan memanfaatkan sarana yang ada.

Sebagai informasi, dengan diluncurkannya Suara Mas, masyarakat Kendal saat ini bisa meyampaikan aspirasi melalui kanal yang disediakan diwebsite. Lewat Kanas Suara Mas, aspirasi yang disampaikan bisa dipantau perkembangannya.

Suara Mas sebagai strategi optimalisasi penyerapan aspirasi masyarakat dalam mendukung penguatan kinerja DPRD Kendal ini akan mengkolaborasikan penyerapan aspirasi melalui reses dan di luar reses. Yakni dengan memanfaatkan teknologi untuk memudahkan masyarakat menyampaikan aspirasi dan memantaunya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini