- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Bupati Purworejo Agus Bastian membuka Forum Konsultasi publik dan Masa Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Tahun 2020 di ruang arahiwang sekda. Kegiatan tersebut dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Purworejo tahun 2021, Kamis (30/1).

Kegiatan dihadiri Pimpinan DPRD dan anggota, Forkopimda, Sekretaris Bappeda Provinsi Jateng, Sekda beserta Para Asisten dan Staf Ahli, Kepala PD, Camat, Pejabat instansi vertikal, Pimpinan BUMN, pimpinan BUMD, Pimpinan Perguruan, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat, Ketua Orpol, Ormas, Organisasi Profesi, LSM, dan Pers.

Tujuan Konsultasi Publik ini adalah untuk menjaring aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas pembangunan daerah tahun 2021.

Pembukaan Masa Musrenbang ini menjadi awal dari serangkaian proses perencanaan pembangunan daerah tahun 2021 selama 2 bulan kedepan yang akan diikuti dengan pelaksanaan Musrenbang Kecamatan, Forum Perangkat Daerah dan Lintas Perangkat Daerah, serta diakhiri dengan Penutupan Musrenbang Kabupaten Purworejo pada Minggu Ketiga bulan Maret Tahun 2020.

ads

Bupati Agus Bastian saat memberikan sambutan mengatakan, munculnya beberapa proyek strategis nasional di Kabupaten Purworejo dan sekitarnya menjadi faktor pendorong pengembangan wilayah dan pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitarnya.

Beberapa peluang bisnis dan lapangan kerja yang muncul menuntut kesiapan masyarakat untuk meningkatkan kualitas kecakapan/skill, agar mampu bersaing mengisi peluang bisnis serta memenuhi kebutuhan tenaga kerja sesuai dengan spesialisasi dan kebutuhan.

Untuk meningkatkan akselerasi pembangunan dalam mendukung pencapaian visi pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Purworejo, perencanaan tahun 2021 mengusung tema “Peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan budaya dalam rangka mewujudkan purworejo yang sejahtera”.

Dalam kerangka mendukung hal tersebut, perlunya meletakkan tujuan dan sasaran pembangunan daerah sebagai orientasi perencanaan pembangunan daerah.

Dikatakan Bupati, ada beberapa tujuan makro pembangunan daerah Kabupaten Purworejo tahun 2021. Pertama, meningkatkan produktivitas total daerah dengan sasaran meningkatnya pertumbuhan ekonomi Kabupaten Purworejo dari 5,32% (tahun 2018) menjadi pada kisaran 6,96%.

Kedua, Meningkatkan kualitas pembangunan manusia dengan sasaran meningkatnya indeks Pembangunan Manusia dari 71,87 (tahun 2018) menjadi pada kisaran 73,69.

Ketiga, menurunkan tingkat kemiskinan dan kesenjangan antar kelompok pendapatan, dan menurunkan pengangguran dengan sasaran menurunnya angka kemiskinan dari 11,45 (tahun 2019) menjadi pada kisaran 8% dan menurunnya pengangguran terbuka dari 3,7 (tahun 2018) menjadi 3,5. Sedangkan tujuan yang keempat, meningkatkan pemerataan pembangunan antar wilayah.

Lebih jauh Bupati menjelaskan, paradigma perencanaan pembangunan tahun 2021 mengalami perubahan. Model pendekatan holistik, integratif, tematik dan spasial, mindset money follow program priority serta pemberlakuan Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 akan segera diterapkan agar memberikan manfaat kepada mashyarakt dan terukur.

“Saya berharap, dalam penyusunan kegiatan pada RKPD Tahun 2021 agar inovatif dan mengarah pada perubahan untuk mengantisipasi tantangan tersebut,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!